Rabu 08 Sep 2021 16:45 WIB

Mullah Mohammad Hasan Akhund Pimpin Afghanistan, Siapa Dia?

Mullah Mohammad Hasan Akhund ditunjuk Taliban menjadi pemimpin sementara Afghanistan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Mullah Mohammad Hasan Akhund, kepala pemerintahan sementara Taliban
Foto: Aljazirah
Mullah Mohammad Hasan Akhund, kepala pemerintahan sementara Taliban

IHRAM.CO.ID,  KABUL -- Mullah Mohammad Hasan Akhund ditunjuk Taliban menjadi pemimpin pemerintahan sementara di Afghanistan. Seperti banyak orang dalam kepemimpinan Taliban, dia mendapatkan banyak prestise dari kedekatannya dengan pemimpin pertama gerakan itu, Mullah Mohammad Omar.

Sosok Akhund yang ada dalam daftar sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa ini sebelumnya kepala lama badan pembuat keputusan kuat Taliban, Rehbari Shura atau dewan kepemimpinan. Saat Taliban berkuasa dari 1996-2001, Akhund merupakan menteri luar negeri, kemudian wakil perdana menteri selama tugas terakhir Taliban berkuasa dari 1996-2001.

Baca Juga

Dikutip dari Alajazeera, Rabu (8/9), Akhund berasal dari Kandahar, tempat kelahiran Taliban. Dia memiliki garis keturunan Pashtun dari Ahmad Shah Durrani - pendiri Afghanistan modern (sekitar 1700-an).

Akhund memainkan peran kepemimpinan dan bimbingan yang penting dalam dewan pemimpin Rahbari Syura yang sering disebut Quetta Syura. Dewan ini dibentuk setelah Taliban digulingkan dari kekuasaan dalam invasi militer pimpinan Amerika Serikat pada 2001.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement