Olahraga Malam Hari Jangan Mepet dengan Jam Tidur

Kamis , 09 Sep 2021, 21:12 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Warga berolahraga Malam Hari (ilustrasi)
Warga berolahraga Malam Hari (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Anda bisa berolahraga kapan pun saat memiliki waktu luang di sela kegiatan yang padat, entah itu pagi, siang atau malam hari. Meski demikian, pastikan waktunya tidak mepet dengan jam tidur bila Anda memilih untuk berolahraga pada malam hari.

 

Terkait

"Waspadai kalau malam hari, lihat waktu tidurnya. Bila tidur jam 10 malam, aktivitas olahraga maksimal berhenti jam 8 malam," kata Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), dr. Leny Pintowari, SpKO dalam webinar, Kamis (9/9).

Baca Juga

Sebab, tubuh butuh waktu untuk menurunkan metabolisme agar badan bisa beristirahat. Olahraga yang terlalu berdekatan dengan waktu tidur dapat mengganggu jadwal istirahat.

Dia mengajak masyarakat untuk latihan fisik demi kebugaran tubuh yang manfaatnya sangat banyak, terutama di tengah pandemi Covid-19. Dengan berolahraga, tekanan darah dapat menurun, begitu pula total lemak tubuh, hingga kecemasan dan depresi.

Olahraga juga berperan penting dalam meningkatkan kapasitas kardiorespirasi, kolesterol HDL, sensitivitas insulin yang membuat pengidap diabetes bisa hidup normal, meningkatkan kemampuan otak, membentuk otot tanpa lemak hingga mencegah kanker.Latihan fisik yang baik adalah latihan yang dimulai sejak dini.