Hadapi Pemilu, Komunitas Muslim Kanada Bentuk Organisasi

Jumat , 10 Sep 2021, 11:46 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Esthi Maharani
Pemilu / Ilustrasi
Pemilu / Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, OTTAWA – Saat Kanada bersiap untuk pemilu mendatang, para pemimpin komunitas Muslim telah meluncurkan sebuah organisasi baru untuk mempromosikan dan melindungi hak-hak Muslim di Kanada serta membantu mereka membuat keputusan berdasarkan informasi di kotak suara.

 

Terkait

Organisasi baru yang disebut Dewan Urusan Publik Muslim Kanada (CMPAC) akan bekerja untuk melibatkan dan mendidik para pembuat keputusan tentang Islam, memengaruhi kebijakan publik, dan memobilisasi Muslim di seluruh Kanada.

“Didorong oleh legislasi keamanan nasional yang bermasalah, gelombang Islamofobia yang meningkat, dan rasisme sistemik yang tidak ditangani secara memadai, CMPAC akan fokus pada melobi semua tingkat pemerintahan untuk menangani sistem, kebijakan, dan undang-undang yang berdampak negatif terhadap komunitas Muslim,” kata Ketua Sementara CMPAC, Dr. Yaser Haddara dalam sebuah pernyataan.

Haddara menjelaskan prioritas CMPAC adalah mempromosikan dan melindungi hak dan kepentingan umat Islam, organisasi Muslim di Kanada, serta menegakkan keadilan dan hak asasi manusia umat Islam di seluruh dunia.

Dilansir About Islam, Jumat (10/9), CMPAC diluncurkan beberapa hari sebelum pemilihan. Saat ini, CMPAC telah mengembangkan Pusat Pemilihan Federal ke-44 dengan sumber daya yang dapat digunakan oleh anggota masyarakat dan organisasi untuk membuat keputusan yang tepat.

“Tingkat partisipasi demokrasi dari Muslim Kanada telah tumbuh sejak tahun 2015. Pemilihan ini adalah tentang memutuskan seberapa besar komitmen partai politik untuk menangani isu-isu utama bagi Muslim Kanada,” ujar Juru Bicara CMPAC, Sarah Mushtaq.

CMPAC mengharapkan pihak-pihak untuk bergerak dan membuat komitmen khusus menangani masalah utama. Yakni, meningkatnya kejahatan rasial, Islamofobia  yang masih ada di lembaga-lembaga pemerintah, rezim keamanan yang ketinggalan zaman, undang-undang diskriminatif, dan kesenjangan dalam kebijakan luar negeri Kanada.

Sumber daya yang ditawarkan oleh CMPAC meliputi perbandingan platform partai tentang isu-isu Muslim Kanada, panduan masalah pemilu federal, dan kit sumber daya mobilisasi.

Menurut data Statistics Canada, Muslim adalah komunitas agama yang tumbuh paling cepat di Kanada. Populasi Muslim Kanada meningkat sebesar 82 persen selama dekade terakhir. Muslim mewakili 3,2 persen dari total populasi Kanada.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini