Jumat 10 Sep 2021 14:05 WIB

Direktur CIA dan Panglima Militer Pakistan Bahas Afghanistan

Kepala CIA memuji peran Pakistan dalam situasi Afghanistan

Red: Nur Aini
Direktur CIA William J. Burns pada Kamis (9/9) bertemu dengan panglima militer Pakistan Jenderal Qamar Bajwa untuk membahas situasi terakhir di Afghanistan.
Direktur CIA William J. Burns pada Kamis (9/9) bertemu dengan panglima militer Pakistan Jenderal Qamar Bajwa untuk membahas situasi terakhir di Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Direktur CIA William J. Burns pada Kamis (9/9) bertemu dengan panglima militer Pakistan Jenderal Qamar Bajwa untuk membahas situasi terakhir di Afghanistan.

Menurut media militer Pakistan ISPR, pertemuan itu berlangsung di Rawalpindi yang berdekatan dengan ibu kota Islamabad, kepala badan intelijen utama Pakistan Letjen Faiz Hamid, yang baru-baru ini mengunjungi Afghanistan, juga hadir dalam pertemuan itu.

Baca Juga

"Masalah kepentingan bersama, situasi keamanan regional dan situasi saat ini di Afghanistan telah dibahas," kata sebuah pernyataan singkat.

"Pakistan tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan mitra internasionalnya untuk perdamaian di kawasan itu dan memastikan masa depan yang stabil dan sejahtera bagi rakyat Afghanistan," kata rilis dari ISPR.

Pernyataan itu menambahkan bahwa kepala CIA memuji peran Pakistan dalam situasi Afghanistan termasuk operasi evakuasi yang sukses, upaya untuk stabilitas regional. Direktur CIA berjanji untuk memainkan perannya demi peningkatan lebih lanjut dalam kerja sama diplomatik AS dengan Pakistan di semua tingkatan.

Pertemuan itu dilakukan dengan latar belakang pemerintah sementara Afghanistan yang diumumkan oleh Taliban. Kelompok itu telah mengambil alih Afghanistan pertengahan Agustus ketika pasukan asing ditarik setelah tinggal selama 20 tahun.

Pakistan, yang dikatakan memiliki pengaruh atas Taliban, mengatakan pihaknya mengikuti perkembangan situasi di Afghanistan. Bulan lalu, kepala CIA telah bertemu dengan pemimpin Taliban Mullah Ghani Baradar di Kabul.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/direktur-cia-dan-panglima-militer-pakistan-diskusikan-isu-afghanistan/2360784
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement