Sabtu 11 Sep 2021 03:16 WIB

Bupati Minta Tingkat Cakupan Vaksinasi Covid 19 Ditingkatkan

Sosialisasi terhadap warga agar bersedia divaksin perlu terus ditingkatkan

Rep: eko widiyatno/ Red: Hiru Muhammad
Petugas melakukan vaksinasi COVID-19 kepada warga dengan menggunakan mobil keliling di Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (15/7/2021). Satgas COVID-19 Kabupaten Purbalingga melakukan vaksinasi COVID-19 menggunakan mobil sebagai upaya mempermudah akses warga terhadap vaksin selama PPKM darurat dan  mempercepat target vaksinasi COVID-19 .
Foto: ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA
Petugas melakukan vaksinasi COVID-19 kepada warga dengan menggunakan mobil keliling di Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (15/7/2021). Satgas COVID-19 Kabupaten Purbalingga melakukan vaksinasi COVID-19 menggunakan mobil sebagai upaya mempermudah akses warga terhadap vaksin selama PPKM darurat dan mempercepat target vaksinasi COVID-19 .

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyebutkan, cakupan vaksinasi Covid 19 di wilayahnya masih relatif rendah.  ''Warga Purbalingga yang sudah mendapat vaksin lengkap dosis kedua baru 12 persen. Sedangkan yang sudah mendapat vaksin dosis pertama, baru mencapai 15 persen,'' jelasnya,  saat melepas Relawan Task Force Kemanusiaan PKM Covid-19 Ormas Pemuda Pancasila-Indika Foundation, di halaman pendopo setda setempat, Jumat (10/9).

Untuk itu dia menyebutkan, sosialisasi terhadap warga agar bersedia divaksin perlu terus ditingkatkan. ''Kami minta para relawan ini, juga ikut melakukan sosialisasi. Jangan sampai karena pandemi Covid 19 kelihatannya sudah mulai mereda, warga menjadi enggan divaksin,'' jelasnya

Berdasarkan data pekan lalu, total jumlah warga Purbalingga yang telah mendapatkan vaksin Covid tercatat sebanyak jiwa. Dari jumlah tersebut, yang sudah mendapat vaksin dosis kedua baru mencakup  84.904 jiwa. Sementara target sasaran vaksin di Purbalingga keseluruhan, mencapai sekitar 779 ribu jiwa.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan drg Hanung Wikantono menyatakan akan terus berupaya melakukan akselerasi program vaksinasi dengan menyasar sejumlah kelompok sasaran. ''Kami optimistis peningkatan jumlah warga yang telah disuntik vaksin akan terus meningkat signifikan selama bulan September mendatang,'' jelasnya.

Sementara Ketua Gugus Tugas Cabang Relawan Task Force Kemanusiaan PPKM Covid-19 Pemuda Pancasila-Indika Foundation  Kabupaten Purbalingga Gatot Bondan Kurniawan, dalam  kesempatan itu menyatakan akan ada berbagai kegiatan yang akan dilakukan relawan. Selain melakukan sosialisasi vaksinasi, para relawan juga akan melakukan kegiatan pembagian paket sembako,  vitamin dan penyemprotan desinfektan. ''Paket sembako yang dibagikan ada sebanyak 500 paket,'' jelasnya.

Dewan Pembina Gugus Tugas Relawan Task Force  Jawa Tengah Maya Sopha Diyanti, mengatakan Task Force Kemanusiaan Pemuda Pancasila-Indika Foundation sudah berjalan selama satu tahun. Bantuan yang sudah disalurkan antara lain sebanyak  ratusan ribu paket sembako, jutaan handsanitizer dan sejuta sajadah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement