Jumat 10 Sep 2021 15:50 WIB

Allah tidak akan Zalim Saat Memberi Sanksi

Allah SWT menegaskan bahwa tidak akan menzalimi seseorang walau sekecil dzarrah.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
ilustrasi merenungi waktu dan dosa
Foto: jart-gallery.blogspot.com
ilustrasi merenungi waktu dan dosa

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT menegaskan bahwa tidak akan menzalimi seseorang walau sekecil dzarrah. Justru Allah SWT akan melipatgandakan pahala dari kebaikan seseorang walau sekecil dzarrah. Hal ini dijelaskan dalam Surah An-Nisa Ayat 40 dan tafsirnya.

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ ۚوَاِنْ تَكُ حَسَنَةً يُّضٰعِفْهَا وَيُؤْتِ مِنْ لَّدُنْهُ اَجْرًا عَظِيْمًا

Baca Juga

Sungguh, Allah tidak akan menzalimi seseorang walaupun sebesar dzarrah, dan jika ada kebajikan (sekecil dzarrah), niscaya Allah akan melipatgandakannya dan memberikan pahala yang besar dari sisi-Nya. (QS An-Nisa: 40)

Dalam penjelasan Tafsir Ringkas Kementerian Agama, dijelaskan, untuk menjawab kesan Allah menimpakan siksa yang melebihi batas kedurhakaan orang-orang yang sombong dan membanggakan diri itu, ayat ini memberi penegasan bahwa Allah tidak akan berlaku aniaya atau zalim.

Sungguh, ketahuilah bahwa Allah tidak akan menzalimi ketika menjatuhkan sanksi kepada seseorang, walaupun sebesar zarrah yakni sesuatu yang terkecil dan teringan. Demikian pula jika ada kebajikan, walaupun kebajikan itu hanya sekecil zarrah, niscaya Allah akan melipatgandakan kebajikannya itu dan memberikan pahala yang besar dengan berlipat ganda dari sisi-Nya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement