Sabtu 11 Sep 2021 14:42 WIB

Allah tak Zalim Saat Memberikan Hukuman

Allah Tidak Akan Zalim Saat Memberi Sanksi

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Allah tak Zalim Saat Memberikan Hukuman. Foto: Ilustrasi Lafadz Allah
Foto: Foto : MgRol112
Allah tak Zalim Saat Memberikan Hukuman. Foto: Ilustrasi Lafadz Allah

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Allah SWT menegaskan bahwa tidak akan menzalimi seseorang walau sekecil dzarrah. Justru Allah SWT akan melipatgandakan pahala dari kebaikan seseorang walau sekecil dzarrah. Hal ini dijelaskan dalam Surah An-Nisa Ayat 40 dan tafsirnya.

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ ۚوَاِنْ تَكُ حَسَنَةً يُّضٰعِفْهَا وَيُؤْتِ مِنْ لَّدُنْهُ اَجْرًا عَظِيْمًا

Baca Juga

Sungguh, Allah tidak akan menzalimi seseorang walaupun sebesar dzarrah, dan jika ada kebajikan (sekecil dzarrah), niscaya Allah akan melipatgandakannya dan memberikan pahala yang besar dari sisi-Nya. (QS An-Nisa: 40)

Dalam penjelasan Tafsir Ringkas Kementerian Agama, dijelaskan, untuk menjawab kesan Allah menimpakan siksa yang melebihi batas kedurhakaan orang-orang yang sombong dan membanggakan diri itu, ayat ini memberi penegasan bahwa Allah tidak akan berlaku aniaya atau zalim.

 

Sungguh, ketahuilah bahwa Allah tidak akan menzalimi ketika menjatuhkan sanksi kepada seseorang, walaupun sebesar zarrah yakni sesuatu yang terkecil dan teringan. Demikian pula jika ada kebajikan, walaupun kebajikan itu hanya sekecil zarrah, niscaya Allah akan melipatgandakan kebajikannya itu dan memberikan pahala yang besar dengan berlipat ganda dari sisi-Nya.

Tafsir Kementerian Agama menerangkan, ayat ini memerintahkan agar orang suka berbuat baik. Setiap kebaikan yang dikerjakan seseorang tidak akan dikurangi Allah pahalanya, sebab mengurangi itu artinya menganiaya. Mustahil Allah akan bersifat aniaya kepada hamba-Nya, sebab Allah bersifat sempurna lagi Maha Pemurah.

Setiap kebaikan yang dikerjakan seseorang, asal dia mengerjakan karena Allah, akan diberi pahala, bahkan pahalanya itu berlipat-ganda, sampai sepuluh kali lipat atau lebih.

Allah berfirman, "Barang siapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barang siapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikitpun tidak dirugikan (dizalimi)." (QS Al-An'am: 160).

Itulah sebagai tanda bahwa Allah Maha Pemurah dan karunia-Nya sangat luas dan banyak. Dia memberikan pahala kepada setiap orang yang berbuat baik dengan berlipat ganda yang disebut dalam ayat ini dengan pahala yang besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement