Sabtu 11 Sep 2021 23:43 WIB

Sumbangsi Astronom Islam dalam Eksplorasi Bintang

Ada banyak bintang yang diberi nama dalam bahasa Arab.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Langit malam berbintang/ilustrasi
Foto: Pixabay
Langit malam berbintang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Ada banyak bintang yang diberi nama dalam bahasa Arab. Astronom Islam Abd al-Rahman al-Sufi, memiliki peran penting dalam proses pengetahuan tentang astronomi.

Mereka menerjemahkan informasi penting, seperti karya terkenal Ptolemy, Almagest. Karya ini mencakup garis besar kosmologi Aristoteles, pergerakan bintang-bintang, bulan, Jupiter dan Saturnus, gerhana, dan lain-lain.

Baca Juga

Untuk dapat menerjemahkan sebuah karya serumit ini, seseorang harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang materi itu. Para astronom Arab tidak hanya menerjemahkan karya-karya tersebut tapi mereka juga menambahkan banyak informasi penting.

Daftar tersebut termasuk Altair (an-Nisr uṭ-Ṭā'ir), Rigil Kentaurus (ul-Qanṭūris), Betelgeuse (Ibṭ ul-Jawzā'), Deneb (Dhanab ud-Dajājah), Alnitak (an-Niṭāq), Fomalhaut (Fum al-Hul), dan Algol (Ra'as al-Ghūl).

Banyak dari nama-nama bintang ini akhirnya disalin dan digunakan di Eropa. Kerap kali orang tidak mengetahui asal usul nama-nama ini berasal dari bahasa Arab. Berikut beberapa nama bintang yang berasal dari nama Arab, dilansir About Islam Sabtu (11/9).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement