Ahad 12 Sep 2021 00:50 WIB

Wanita Turki Tuntut Kesetaran di Masjid

Sejumlah kalangan wanita Turki mengeluhkan akses masjid dibatasi.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko
Seorang wanita berjalan di taman Masjid Suleymaniye pada hari bersalju di Istanbul, Turki, 18 Januari 2021.
Foto: EPA-EFE/SEDAT SUNA
Seorang wanita berjalan di taman Masjid Suleymaniye pada hari bersalju di Istanbul, Turki, 18 Januari 2021.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Secara historis, tradisi Islam di Turki cenderung mendorong perempuan untuk beribadah di rumah. Namun, mereka yang bekerja atau belajar dan menghabiskan hari di luar rumah perlu menggunakan masjid untuk memenuhi kebutuhan sholat lima waktu.

Saat beribadah di masjid, sejumlah kalangan wanita Turki mengeluhkan bahwa akses mereka kerap dibatasi. Ruang perempuan biasanya terpisah dari kubah utama masjid, dan berbentuk area kecil tertutup di dekat pintu masuk.

Baca Juga

Zeynep Dogusan, misalnya, menceritakan bagaimana seorang teman pada suatu hari bersandar pada sebuah pilar di sebuah masjid di belakang bagian pria, dia tengah mengagumi pemandangan bangunan itu. Seorang pegawai masjid lantas mendatanginya dan mengatakan bahwa dia tidak diizinkan berada di sana.

"Teman kami benar-benar merasa seperti diusir dari masjid. Siapa sebenarnya yang memutuskan bagian mana dari masjid wanita boleh dan tidak boleh ada? Bukankah perempuan memiliki hak untuk mendapatkan manfaat dari sumber daya estetika dan spiritual masjid dan menjadi bagian darinya?" kata Dogusan, dilansir di Eurasia Review, Sabtu (11/9).

Dogusan mengatakan, bahwa mereka tidak bisa tinggal diam. Saat kejadian, mereka akhirnya melakukan sholat berjamaah dengan dukungan seorang imam di masjid tersebut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement