Ahad 12 Sep 2021 06:41 WIB

Rahasia Baca 3 Surat Lalu Usapkan ke Tubuh Jelang Tidur

Rasulullah SAW baca Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas sebelum tidur

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW baca Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas sebelum tidur. Tidur Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto: republika
Rasulullah SAW baca Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas sebelum tidur. Tidur Rasulullah SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, – Terdapat sejumlah adab yang dapat dilakukan kaum muslimin ketika hendak tidur. 

Salah satunya yakni mengusap bagian tubuh yang dapat dijangkau. Dilansir dari laman Elbalad pada Sabtu (11/9), Allah SWT berfirman: 

Baca Juga

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ "(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring" (QS Ali Imran ayat 191). 

Sunnah sebelum tidur yakni dengan membaca doa dan dzikir untuk dapat menangkal bahaya dan kejahatan.

Ketika hendak tidur, Rasulullah ﷺ akan mendekatkan kedua tangan kemudian membaca surat Al Ikhlas, An Naas, dan Al Falaq. Dalam sebuah hadits disebutkan:

أنَّ النبيَّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ كانَ إذا أوَى إلى فِراشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمع كَفَّيْهِ، ثُمَّ نَفَثَ فِيهِما فَقَرَأَ فِيهِما: قُلْ هو اللَّهُ أحَدٌ وقُلْ أعُوذُ برَبِّ الفَلَقِ وقُلْ أعُوذُ برَبِّ النَّاسِ، ثُمَّ يَمْسَحُ بهِما ما اسْتَطاعَ مِن جَسَدِهِ، يَبْدَأُ بهِما علَى رَأْسِهِ ووَجْهِهِ وما أقْبَلَ مِن جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذلكَ ثَلاثَ مَرَّاتٍ

"Apabila Rasulullah ﷺ hendak tidur, beliau meniupkan pada telapak tangan sambil membaca Qul Huwallahu Ahad (surat al Ikhlas) dan mu'awidzatain (surat An Naas dan Al Falaq), kemudian beliau mengusapkan pada wajah dan seluruh tubuh. Ketika beliau sakit, beliau menyuruhku melakukan hal itu." (HR Bukhari).

Setiap sunnah yang dilakukan sebelum tidur memiliki keutamaan khusus di dalamnya. Beberapa di antaranya yakni melindungi manusia dari bahaya jin, menghindari dari godaan setan dan menghapus dosa.

 

Sumber: elbalad  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement