Sayangi Kucing, Pemuda Ini Hasilkan Omzet Puluhan Juta

Senin , 13 Sep 2021, 09:40 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Petshop ilustrasi
Petshop ilustrasi

Selama tinggal di asrama Bright Scholarship, Dicky sangat antusias mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan oleh Yayasan Baitul Maal BRI (YBM BRI), khususnya di bidang usaha. Ide usahanya muncul ketika ia melihat kebutuhan pakan kucing di daerah sekitar asrama tinggi. Maka, ia pun memutuskan untuk membuka pet shop kecil-kecilan di garasi asrama yang diberi nama “Harahap Petmart”.

 

Terkait

“Untuk menambah modal usaha tak jarang saya pinjam uang untuk melengkapi jenis barang atau kebutuhan hewan. Saya juga diskusi dengan teman yang jurusannya kedokteran hewan tentang pakan hewan yang tepat. Alhamdulillah lama-kelamaan usaha ini semakin berkembang dan didukung oleh teman-teman dan orang terdekat,” ucap Dicky.

Dicky yang semula hanya menjual pakan kucing kini menyediakan berbagai macam kebutuhan hewan peliharaan. Tidak hanya itu ia juga membuka jasa memandikan, mempercantik, dan penginapan hewan, terutama untuk kucing.

Berkat kerja keras, kesabaran, dan keuletannya, kini usahanya pun berkembang dengan pesat dalam waktu empat tahun. Dicky yang semula hanya mendapat omzet sekitar Rp 1 juta sampai Rp 3 juta kini mampu menghasilkan omset sekitar Rp 30 juta sampai Rp 60 juta per bulan. 

Saat ini Dicky telah lulus kuliah dan menjadi alumni Awardee Bright Scholarship. Ia sudah tidak bergantung dengan uang pemberian orang tuanya. Bahkan, ia bisa membantu menambah modal usaha orang tuanya sekaligus membantu membiayai pendidikan adik-adiknya.