Senin 13 Sep 2021 15:11 WIB

Oman Ingin Bantu Akhiri Konflik Yaman

Sejauh ini kelompok pemberontak Houthi belum menolak upaya mediasi.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Kelompok pemberontak Houthi Yaman. Ilustrasi.
Foto: Anadolu Agency
Kelompok pemberontak Houthi Yaman. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MUSCAT -- Menteri Luar Negeri Oman Sayyid Badr Albusaidi mengatakan, negaranya akan membantu mewujudkan stabilitas di Yaman. Saat ini, Muscat tengah berupaya memediasi para pihak yang bertikai.

“Peran kami dalam krisis Yaman adalah untuk membantu dan kami berusaha membawa pandangan krisis Yaman lebih dekat. Adalah tugas kita membantu Yaman stabil,” kata Albusaidi saat diwawancara Al Arabiya pada Ahad (12/9).

Baca Juga

Dia mengungkapkan, negaranya hampir memajukan proses politik Yaman. Albusaidi menyebut, sejauh ini kelompok pemberontak Houthi belum menolak upaya mediasi yang sedang diemban Oman.

Dalam wawancara khusus itu, Albusaidi turut mengomentari tentang perkembangan Afghanistan. Dia berharap pemerintahan Afghanistan saat ini bisa berdampingan dengan semua sekte di sana. “Situasi Afghanistan adalah masalah internal dan kami menghormati apa yang diputuskan rakyat Afghanistan,” ucapnya.

Albusaidi juga menyinggung tentang konflik Israel-Palestina. Dia menegaskan Oman menganut proses penyelesaian lewat solusi dua negara berdasarkan Inisiatif Perdamaian Arab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement