Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hesty Gorang

Tetap Cuci Tangan, Meski Pandemi Pergi

Lomba | Monday, 13 Sep 2021, 22:20 WIB
Andai Pandemi Pergi.

Berbicara terkait pandemi, berbicara tentang bagaimana pandemi ini segera berlalu dan kapan semua ini berakhir? Sudahlah, pandemi ini sudah menjadi sebuah teguran besar yang dirasakan semua negara. Termasuk negara kita. Indonesia.

Tak perlu bertanya sejak kapan, karena sesuai dengan namanya, Covid-19. Artinya sejak 2019 pandemi ini sudah sebagai bahan perbincangan di Indonesia. Waktu demi waktu, namanya meluas di seluruh Indonesia. Satu, dua, tiga, empat, dari bilangan terkecil, hingga bilangan tak terhingga warga Indonesia direnggut nyawanya.

Perekonomian menurun, kebersamaan keluarga hanya bisa dirasakan jarak jauh, tak kenal liburan, tak kenal tatap muka di sekolah. Banyak hal disita oleh satau nama yang masih beredar-Covid19. Haruskah nama tersebut diubah juga, seperti peraturan-peraturan yang diubah. Dari lockdown, PSBB, dan PPKM. Haruskah Covid ini juga diubah namanya menjadi Covid-19, Covid-20, Covid-21, dst. Namnya mungkin tak dapat diubah. Namun, varian-varian baru yang terus muncul membuat pandemi ini seakan-akan ingin hidup selamanya di negara ini. Ada varian MU, dan Lambda yang tak bisa mengalahkan Varian Delta

Segala yang kita rasakan hanyalah ujian untuk mendewasakan pikiran kita. keatangan covid membawas sejuta dampak negatif dan juga positif. Para relawan yang harusnya dibaantu, dibela, dikatakan makan uang negara, menjaul nama covid agar bisa dapat uang, covid dijadikan bisnis dll. ia pun mendatangkan energi positif, salah satunya adalah seringnya mencuci tangan untuk menjaga kebersihan. seharusnya kita tetap bersyukur dengan adanya bencana ini.

Harapan Setelah Dia Pergi

Ada sebuah harapan yang ingin diutarakan jika pandemi ini berakhir. Yaitu, tetap mencuci tangan dengan rutin. Karena, begitu banyak manfaat mencuci tangan yang seharusnya dilakukan sebulum adanya Covi-19.

Mencuci Tangan Dibalik Corona

Sejak munculnya pandemi ini. Di setiap tempat disediakan tempat mencuci tangan. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebersihan bersama. Seharusnya kebiasaan mencuci tangan sudah dilakukan sebelum adanya pandemi ini.

Dengan tetap mencuci tangan kita bisa menjaga kesehatan diri sendiri mau pun orang lain. Karena, kuman yang ada pada tangan kita bisa leluasa menyebar ketubuh orang lain hanya dengan bersalaman. Itu artinya setelah memegang sesuatu atau bersalaman dengan orang lain kita kembali mencuci tangan untuk menghilangkan bakteri jahat yang bisa menyebar ke teman, sahabat, bahkan keluarga kita sendiri.

Covid-19 telah mengjarkan kita menghargai yang namanya kesehatan, dari menjaga kebersihan tangan artinya kita telah peduli terhadap diri kita dan juga orang lain.

Untuk melindungi orang lain dari penykit kita bisa melakukan dengan hal-hal kecil, yaitu dengan mencuci tangan. Budayakan mencuci tangan meski Corona berakhir.

#Lomba_Menulis_Esai

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image