Amalan dan Tafsir Surat Ali Imran Ayat 26-27

Selasa , 14 Sep 2021, 06:50 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Alquran
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dalam kitab al-Aufaq karya Hujjatul Islam Imam Ghazali dijelaskan bahwa ayat ke-26 dan ke-27 surat Ali Imran memiliki keutamaan sebagai perantara memohon kekuasaan kepada Allah Swt. Sedangkan bagi yang sudah memiliki kekuasaan, maka kekuasaannya akan senantiasa terjaga.

 

Terkait

Dalam buku Rahasia Keutamaan Surat Al-Qur’an terbitan Rene Islam, Muhammad Zaairul Haq menjelaskan lebih lanjut tentang cara mengamalkan surat Ali Imran tersebut. Menurut dia, pengamalannya harus diawali dengan membaca sholawat dan salam sebanyak satu kali.

Baca Juga

Setelah itu, baru membaca ayat ke-26 dan ke-27 dari surat Ali Imran berikut ini:

قُلِ اللهم مٰلِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاۤءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاۤءُۖ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاۤءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاۤءُ ۗ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۗ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

تُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَتُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

 

26. Katakanlah (Muhammad), “Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Dan Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau berikan rezeki kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan.” (QS Ali Imran [3]: 26-27).

Menurut Zaairul Haq, orang yang membaca amalan tersebut secara berulang-ulang, Allah Swt akan mengabulkannya. “Amalkan bacaan di atas berulang kali dengan niat memohon kekuasaan. Insyaallah mustajab,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini