Saudi Promosikan AlUla di Festival Film Venesia

Selasa , 14 Sep 2021, 11:38 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
Arab Saudi membuka kembali situs warisan alam AlUla
Arab Saudi membuka kembali situs warisan alam AlUla

IHRAM.CO.ID, ALULA -- Film AlUla mengakhiri partisipasinya dalam Festival Film Internasional Venesia edisi ke-78, yang diadakan dari 1-11 September 2021. Kesempatan ini diambil Kerajaan untuk melanjutkan promosi produksi film dan TV internasional di wilayah AlUla, yang berlokasi di barat laut Arab Saudi.

 

Terkait

Delegasi dari Komisi Kerajaan untuk agensi film AlUla bergabung dengan entitas Saudi lainnya, termasuk Komisi Film Saudi dan Festival Film Internasional Laut Merah (RSIFF), serta delegasi pembuat film muda yang sedang naik daun dari wilayah tersebut.

Menyusul keberhasilan pertunjukan kawasan tersebut di Festival Film Internasional Cannes pada Juli lalu, ketiga organisasi tersebut melanjutkan misi mereka membangun hubungan internasional dalam industri film, serta memperkenalkan sektor film Arab Saudi yang sedang berkembang kepada khalayak global.

Selama festival, aktor Saudi Yaqoub Al-Farhan mengumumkan film fitur terbarunya, Norah, yang juga menjadi pemenang Kompetisi Film Daw Komisi Film Saudi tahun ini. Film tersebut disutradarai oleh Tawfik Al-Zaidi, dengan lokasi syuting di AlUla.

Dilansir di Saudi Gazette, Selasa (14/9), Al-Farhan terkenal karena perannya dalam film thriller 'Zero Distance'. Ia juga tergabung dalam film pemenang penghargaan Shahad Ameen, Scales, yang terpilih sebagai perwakilan resmi Arab Saudi untuk Film Fitur Internasional Terbaik di Academy Awards 2021.

Perusahaan produksi yang syuting di AlUla disebut bisa mendapatkan keuntungan dari potongan harga yang kompetitif, serta berbagai insentif seperti dukungan produksi yang bisa dipesan lebih dahulu dan gratis, pencarian lokasi, pengetahuan ahli tentang pembuatan film di Arab Saudi, bantuan pengadaan peralatan, bahkan kru film profesional dari Kerajaan dan negara-negara tetangga.

Selain itu, akomodasi khusus yang dibuat untuk kru film, Film Camp, telah selesai dibangun baru-baru ini.

"Festival internasional seperti Venesia memberi kami peluang besar untuk berinteraksi dengan komunitas film, memperkenalkan lokasi AlUla yang luar biasa dan beragam, serta mempromosikan industri film Saudi," kata komisaris film di Komisi Kerajaan untuk AlUla, Stephen Strachan.

Ia menyebut Kerajaan Saudi membuat kemajuan besar dalam pengembangan infrastruktur dan membangun ekosistem untuk pembuatan film. Salah satunya dengan memudahkan akses ke kru, lokasi, dan fasilitas pengambilan gambar.

"Wilayah ini (AlUla) mulai menarik lebih banyak variasi produksi, termasuk lebih banyak produksi asing dan kami berharap dapat menyambut mereka di AlUla," lanjutnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini