Selasa 14 Sep 2021 14:10 WIB

Ronaldo Bisa Jadi Pemain Terbesar dalam Sejarah MU

Ronaldo harus mempersembahkan trofi juara untuk Manchester United.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo.
Foto: EPA-EFE/Peter Powel
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Cristiano Ronaldo mengawali kesempatan keduanya memperkuat Manchester United (MU) dengan torehan impresif. Dua gol dikemas pengoleksi lima gelar Ballon d'Or itu saat MU membungkam Newcastle United 4-1 pada pekan keempat Liga Primer Inggris, Sabtu (11/9) malam WIB. 

Duel di Stadion Old Trafford sekaligus menjadi laga perdana Ronaldo bersama United usai meninggalkan klub tersebut pada 2009. Dengan ikatan kontrak berdurasi dua tahun, pemain berusia 36 tahun itu diboyong MU dari Juventus pada jendela transfer musim panas tahun ini. 

Baca Juga

Eks bek tengah Liverpool Jamie Carragher menilai, dua gol ke gawang Newcastle United itu tidak bisa dijadikan acuan dalam menilai kesuksesan Ronaldo dalam kesempatan keduanya membela Setan Merah. Caragher menyebut, kehadiran Ronaldo akan meningkatkan level permainan United. Namun, di sisi lain, ada ekspektasi besar dari kehadiran mantan bintang Real Madrid tersebut. 

Seiring dengan keputusan manajemen klub untuk kembali mendatangkan Ronaldo, ujar Carragher, MU diharapkan bisa mengakhiri musim ini dengan raihan trofi bergengsi sekaligus mengakhiri puasa gelar dalam empat musim terakhir. "Saat Anda mendatangkan pemain berusia 36 tahun sebagai penyerang, ditambah dengan berbagai rekor yang pernah diukir Ronaldo bersama United, ini soal keberhasilan meraih trofi. Ini bukan lagi soal membangun sebuah tim, tapi soal torehan prestasi," kata Caragher seperti dikutip Talk Sports, Selasa (14/9). 

Mantan bek timnas Inggris itu menyebut, saat direkrut Juventus dari Real Madrid, Ronaldo diharapkan bisa membawa Nyonya merengkuh trofi Liga Champions. Namun, selama tiga musim penuh, bintang timnas Portugal itu ternyata gagal membawa Juventus ke tangga juara Liga Champions. 

Carragher menyatakan, apabila Ronaldo berhasil menjawab ekspektasi MU tersebut dengan raihan trofi, terutama gelar Liga Champions, maka ia layak dinobatkan sebagai pemain terbesar dalam sejarah MU. Bahkan, mantan bek tengah timnas Inggris itu berani menyebut, status legenda Ronaldo di United akan jauh lebih besar ketimbang Eric Cantona, yang berhasil mengantarkan United merengkuh titel pertama Liga Primer Inggris. 

"Dia memang sudah berada dalam jajaran legenda United, tapi apabila bisa melakukannya, maka dia bisa berada dalam posisi nomor satu di jajaran legenda United," kata Carragher. 

Pada kesempatan pertamanya membela MU, Ronaldo berhasil mempersembahkan tiga trofi Liga Primer Inggris, satu titel Piala FA, dan satu gelar juara Liga Champions. Selama enam musim pada kiprah pertamanya membela MU mulai 2003 hingga 2009, Ronaldo mengemas 118 gol dari 292 penampilan di semua ajang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement