Festival Film Venesia Jadi Ajang Promosi Industri Film Saudi

Selasa , 14 Sep 2021, 15:18 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Esthi Maharani
Arab Saudi membuka kembali situs warisan alam AlUla pada akhir Oktober.
Arab Saudi membuka kembali situs warisan alam AlUla pada akhir Oktober.

IHRAM.CO.ID, AlUla – Film AlUla berpartisipasi di Festival Film Internasional Venesia edisi ke-78 yang mempromosikan kawasan itu kepada produser film dan TV internasional. Delegasi dari Komisi Arab Saudi untuk agensi film AlUla bergabung dengan entitas Saudi lainnya, termasuk Komisi Film Saudi dan Festival Film Internasional Laut Merah bersama dengan delegasi pembuat film muda yang sedang naik daun dari wilayah tersebut.

 

Terkait

“Festival internasional seperti Venesia memberi kami peluang besar untuk berinteraksi dengan komunitas film, memperkenalkan lokasi AlUla yang luar biasa dan beragam dan mempromosikan industri film Saudi,” kata Komisaris Film di Komisi Kerajaan untuk AlUla, Stephen Strachan, dikutip Arab News, Selasa (14/9).

Strachan mengaku pihaknya membuat kemajuan besar dalam mengembangkan infrastruktur dan membangun ekosistem untuk pembuatan film dengan akses mudah ke kru, lokasi, dan fasilitas. “Wilayah ini mulai menarik lebih banyak variasi produksi, termasuk lebih banyak produksi asing dan kami berharap dapat menyambut mereka di AlUla,” ujar dia.

Setelah pertunjukan yang sukses di Festival Film Internasional Cannes pada bulan Juli, ketiga organisasi melanjutkan misi mereka untuk membangun hubungan internasional di dalam industri dan memperkenalkan sektor film Arab Saudi yang sedang berkembang.

Selama festival, aktor Saudi Yaqoub Al-Farhan mengumumkan film terbarunya berjudul “Norah,” pemenang Kompetisi Film Daw Komisi Film Saudi tahun ini. Film ini akan disutradarai oleh Tawfik Al-Zaidi dengan lokasi syuting di AlUla.

Al-Farhan terkenal karena perannya dalam film thriller "Zero Distance" dan "Scales" pemenang penghargaan Shahad Ameen, terpilih sebagai perwakilan resmi Arab Saudi untuk Film Fitur Internasional Terbaik di Academy Awards 2021.

Perusahaan produksi yang syuting di AlUla bisa mendapatkan keuntungan dari potongan harga yang kompetitif dan berbagai insentif seperti dukungan produksi, pencarian lokasi, pengetahuan ahli tentang pembuatan film di Arab Saudi, bantuan dalam pengadaan peralatan, dan kru film profesional dari Kerajaan dan negara-negara tetangga. Selain itu, pembangunan akomodasi kru film baru yang dibangun khusus Film Camp, baru-baru ini selesai.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini