Selasa 14 Sep 2021 20:00 WIB

Jepang Sumbangkan 1,3 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca ke Asia

Semua dosis yang dibuat untuk diekspor diproduksi di bawah lisensi Jepang.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Vaksinator mempersiapkan vaksin Covid-19 Astrazeneca sebelum diberikan kepada warga (ilustrasi).
Foto: Antara/Umarul Faruq
Vaksinator mempersiapkan vaksin Covid-19 Astrazeneca sebelum diberikan kepada warga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Pemerintah Jepang menyiapkan 1,3 juta dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca untuk disumbangkan ke beberapa negara Asia. Itu bukan kali pertama Jepang menyumbangkan vaksinnya.

“Berdasarkan permintaan dari negara-negara relevan, kami telah memutuskan untuk menyediakan 500 ribu dosis untuk Taiwan, 400 ribu dosis untuk Vietnam, 300 ribu dosis untuk Thailand, dan 100 ribu dosis untuk Brunei. Mereka (vaksin) akan dikirim ketika sudah siap,” kata Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi pada Selasa (14/9), dilaporkan Sputnik.

Baca Juga

Semua dosis yang dibuat untuk diekspor diproduksi di bawah lisensi Jepang. Jepang diketahui telah membuat kesepakatan pembelian 120 juta dosis vaksin dari AstraZeneca. Namun, ia memutuskan untuk tak mendistribusikannya di dalam negeri karena munculnya laporan tentang efek pembekuan darah.

 

Pada 15 Juli lalu, Indonesia turut menerima sumbangan 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca dari Jepang. Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, sejauh ini Indonesia sudah memperoleh 2.161.240 dosis vaksin dari Negeri Matahari Terbit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement