Mesir Siap Umumkan Penemuan Arkeologi Baru

Rabu , 15 Sep 2021, 10:49 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Mesir Siap Umumkan Penemuan Arkeologi Baru. Foto: Tim arkeologi Rusia yang melakukan penggalian nekropolis kuno di kompleks arkeologi Deir el Banat di oasis El Fayoum, Mesir Tengah
Mesir Siap Umumkan Penemuan Arkeologi Baru. Foto: Tim arkeologi Rusia yang melakukan penggalian nekropolis kuno di kompleks arkeologi Deir el Banat di oasis El Fayoum, Mesir Tengah

IHRAM.CO.ID, KAIRO—Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir tengah bersiap untuk mengumumkan penemuan arkeologi baru yang dinaungi misi Mesir di area barang antik Saqqara. Seorang sumber di dalam Kementerian Pariwisata dan Purbakala menegaskan bahwa penemuan baru tersebut akan berbeda dengan penemuan yang baru-baru ini diumumkan, dan akan menjadi fokus perhatian dunia selama periode mendatang.

 

Terkait

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Purbakala Khaled El-Enani telah meresmikan, pada 13 September, makam selatan Raja Djoser di Saqqara, setelah selesainya pekerjaan restorasi yang dimulai pada tahun 2006. Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mustafa Waziri menjelaskan bahwa makam Raja Djoser selatan itu terletak di sudut selatan kompleks pemakamannya di kawasan benda purbakala Saqqara.

Baca Juga

Makam terdiri dari bagian atas, yaitu teras yang terbuat dari batu kapur dan memiliki dekorasi yang dihiasi dengan ular kobra. Bagian bawah yang dipahat pada batu karang pada kedalaman sekitar 30 meter, dapat dicapai dengan tangga batu yang mengarah ke pintu yang diukir di batu juga. Koridor pintu masuk memiliki tangga batu yang berakhir di pintu kuburan, yang pada gilirannya mengarah ke koridor internal yang mengarah ke ruang makam dan wadah untuk lukisan dinding yang dihiasi dengan faience biru.

Insinyur Hisham Samir menunjukkan bahwa proyek restorasi kuburan dimulai pada tahun 2006, dan termasuk studi teknik, geoteknik, geo-lingkungan dan arkeologi kuburan. Proses restorasi juga termasuk memperkuat dinding dan langit-langit, menghilangkan retakan dan memasang ubin faience. Sarkofagus granit di dasar sumur pemakaman dipasang kembali dan dipugar, dan kuburan direhabilitasi untuk kunjungan dengan melapisi lantai, memasang sistem pencahayaan, dan memasang tangga menuju sumur dan kuburan.

Sumber:

https://www.egypttoday.com/Article/4/107829/New-archaeological-discovery-in-Saqqara-to-be-announced-soon

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini