TGH Umar Kelayu Sesepuh Para Tuan Guru (II-Habis)

Rabu , 15 Sep 2021, 13:25 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Ulama tempo dulu mengajar para santrinya.
Ulama tempo dulu mengajar para santrinya.

IHRAM.CO.ID, TGH Umar Kelayu diketahui menikah untuk pertama kalinya dengan seorang perempuan bernama Asiyah. Dari pernikahan tersebut, dirinya dikaruniai tiga orang putra. Mereka adalah Raden Akar atau Dine, TGH Badrul Islam, dan TGH Abdullah.

 

Terkait

Setelah itu, ulama kelahiran Lombok ini kemudian menikah dengan Hajjah Raden Aminah. Dari pernikahannya yang kedua ini, lahirlah Tuan Guru Ahmad Tretetet dan Hajjah Mariam. TGH Umar Kelayu juga sempat menikah dengan seorang perempuan asal Madura, Hajjah Aminah. Pasangan ini memiliki putri, Hajjah Hafshah.

Baca Juga

Adapun pernikahannya dengan Suriati dikaruniai dua orang putri, yakni Hajjah Shubuhiyah dan Hajjah Husniah. Selama hayatnya, TGH Umar Kelayu setidaknya pernah menikah tujuh kali dan melahirkan banyak keturunan. Banyak di antaranya yang mengikuti jejaknya, menjadi ulama juga.

Sebagai seorang alumnus Tanah Suci, dirinya memiliki jaringan yang luas. Sepulang dari Makkah, TGH Umar Kelayu sempat berdakwah dan mengajar di tengah masyarakat Lombok.

Ia pun membuka pengajian halaqah yang metodenya mirip kajian-kajian di Masjidil Haram. Tempat majelis ilmu itu adalah teras rumahnya sendiri. Cara ini akhirnya ma kin terkenal. Jamaah yang hadir pun kian banyak. Bahkan, ada pula yang datang dari luar daerah.