103 Tahun Pembebasan Baku

Rabu , 15 Sep 2021, 14:00 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Agung Sasongko
Situs warisan budaya yang masuk dalam daftar warisan budaya dunua (UNESCO), Icer Seher, Baku, Azerbaijan
Situs warisan budaya yang masuk dalam daftar warisan budaya dunua (UNESCO), Icer Seher, Baku, Azerbaijan

Pada tanggal 14 September, Jenderal Densterville dan pemerintah kediktatoran Kaspia Tengah, dan Komisaris Baku meninggalkan Baku. Pada 15 September di Ganja dalam edisi pertama surat kabar "Azerbaijan", berita tentang pembebasan Baku diterbitkan: "Telegram komandan tentara Islam Kaukasia Nuru Pasha ke Republik Demokratik Azerbaijan: "Bismillah-ir-Rahman -ir-Rahim! Pada awal pukul 09.00 pada tanggal 15 September 1918, kota Baku dibebaskan oleh tentara heroik kita."

 

Terkait

Setelah Baku dibebaskan oleh tentara Islam Kaukasia, pada tanggal 17 September pemerintahan Republik Demokratik Azerbaijan pindah dari Ganja ke Baku. Dengan demikian, tahap utama pembangunan negara dimulai di Azerbaijan.

Pada tanggal 18 September, bagian dari tentara Islam Kaukasia yang ditempatkan di sekitar kota memasuki Baku. Orang-orang Turki Azerbaijan, yang merupakan penguasa kota yang sebenarnya, dengan hangat menyambut tentara yang menang sebagai penyelamat.

 

Dengan demikian, kemerdekaan Azerbaijan dari dominasi Armenia dan Bolshevik di Baku dan sekitarnya telah berakhir. Sekitar 2.000 tentara tentara Islam Kaukasia tewas dalam operasi militer untuk membebaskan Baku. Pembebasan Baku dari pendudukan Bolshevik-Dashnak adalah salah satu peristiwa paling berharga dalam sejarah Azerbaijan abad XX.

Meskipun bertahun-tahun telah berlalu sejak peristiwa-peristiwa itu, bantuan persaudaraan orang-orang Turki tidak pernah dilupakan, itu selalu diingat dan akan dikenang oleh rakyat Azerbaijan dengan rasa terima kasih.