Sejarah Panjang Eksotisme Muscat

Rabu , 15 Sep 2021, 13:46 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Masjid Agung Sultan Qaboos, Muscat, Oman
Masjid Agung Sultan Qaboos, Muscat, Oman

Bait al-Zubair

 

Terkait

Dari Istana al-Alam, pelancong dapat singgah ke Bait al-Zubair dengan hanya berjalan kaki selama beberapa menit. Terletak di tepi Jalan Al Saidiya, kompleks tersebut meru pakan salah satu museum terlengkap di Oman. Koleksi di sana menampilkan berbagai artefak sejarah negara tersebut, termasuk persen jataan dan busana tradisional, serta diorama yang menggambarkan riwayat perjuangan bangsa lokal.

Museum Bait al-Zubair memiliki beberapa bangunan. Yang utama ialah Bait al-Bagh, tempat yang paling banyak menampilkan galeri. Di sekitarnya, terdapat bangunan-bangunan penunjang, seperti Bait al-Oud, Bait an-Nahdah, dan Bait al-Dalaleel. Berdiri sejak 1998, Bait al-Zubair difungsi kan sebagai destinasi wisata edukatif yang terbuka untuk umum.

Namanya mengambil dari sosok penggagasnya, yakni Bani Zubair, salah satu keluarga ningrat terkemuka di Oman. Mereka bervisi mendukung kelangsung an Kota Tua Muskat dengan menyu guhkan fasilitas yang lebih modern. Bait al-Zubair menampilkan berbagai koleksi yang berusia lebih dari 100 tahun. Artefak etnografisnya mencerminkan keterampilan lokal yang presisi, baik dahulu maupun sekarang. Selain itu, kompleks yang menerima Sultan Qaboos Award pada 1999 itu juga dilengkapi berbagai sarana, seperti kafe, taman, dan toko suvenir.