Kamis 16 Sep 2021 11:32 WIB

Sholat Malam Menghindarkan Diri dari Penyakit

Orang yang mau bangun dan sholat malam akan memperoleh keutamaan-keutamaan

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Menyambut pagi dengan sholat malam
Menyambut pagi dengan sholat malam

IHRAM.CO.ID, Bangun malam dan melaksanakan sholat-sholat sunah adalah ibadah yang sangat disukai Allah Swt. Orang-orang yang mau bangun dan sholat malam akan memperoleh keutamaan-keutamaan seperti terhindar dari penyakit dan lainnya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya (qiyamulail) dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan (As Sajadah ayat 16)

فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan (As Sajadah ayat 17).

Dalam kitab at Targib wat Tarhib dijelaskan sejumlah keutamaan yang diperoleh orang yang mau sholat malam.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ   : عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَاِنَّهُ مِنْ دَأْبِ الصَّالِحِيْنَ قَبْلَكُمْ وَقُرْبَةٌ اِلَى رَبِّكُمْ وَمِنْهَاةٌ عَنِ الْاَثَامِ وَتَكْفِيْرٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَطْرَدَةُ الدَّاءِعَنِ الْجَسَدِ.

Rasulullah Saw bersabda: Disunahkan atas kamu sekalian sholat malam, karena sesungguhnya qiyamullail itu adalah kebiasaannya orang-orang saleh sebelum kamu. Dan qiyamullail itu mendekatkan kamu kepada Allah, dan mencegah kamu dari berbagai dosa, dan perbuatan kejahatan, dan qiyamullail itu bisa mengusir penyakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement