NEPZA Berusaha Jadikan Nigeria Halal Hub Afrika

Kamis , 16 Sep 2021, 14:24 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
Muslim Nigeria.
Muslim Nigeria.

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Otoritas Zona Pemrosesan Ekspor Nigeria (NEPZA) mengatakan akan mengadopsi beberapa posisi yang akan menjadikan Nigeria sebagai pusat halal untuk Afrika sub-Sahara.

 

Terkait

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal NEPZA, Prof Adesoji Adesugba, dalam sambutannya di Halal Expo 2021, Selasa (14/9). Expo ini diselenggarakan bersama oleh Kamar Dagang dan Industri Abuja (ACCI), serta Abuja Trade Centre.

Adesugba mengatakan pemangku kepentingan perlu berkolaborasi dan menarik organisasi, asosiasi, badan akreditasi, bahkan perusahaan penasihat untuk mendukung rantai nilai halal.

“Bagi kami di Kawasan Ekonomi Khusus, kami telah memutuskan untuk mendukung industri halal yang sedang berkembang dengan menerapkan praktik terbaik global," kata dia dikutip di Independent Nigeria, Kamis (16/9).

Pihaknya disebut sedang mempelajari peluang yang kaya bagi investor di industri halal ini, serta memahami bagaimana cara agar Zona Ekonomi Khusus yang dimiliki dapat mempercepat perluasan industri di Nigeria.

"Kami telah mengadopsi beberapa kondisi awal yang dirancang untuk memposisikan Nigeria sebagai pusat Halal untuk Afrika Sub-Sahara," lanjutnya.

Ia lantas menambahkan diperlukan promosi standar halal sebagai cara untuk menarik perusahaan dalam industri tersebut.

Pasar halal yang muncul dan berkembang saat ini adalah beralih dari membawa masuk atau mengimpor barang halal, ke memproduksi produk yang sama di dalam negeri.

"Zona Ekonomi Khusus kami di Kano dan tempat-tempat lain menyediakan lahan subur bagi perusahaan halal untuk mendirikan dan bahkan menjangkau pasar Afrika," ujar dia.

Adesugba meyakinkan, manajemen NEPZA akan bekerja dengan operator industri untuk memfasilitasi kemitraan yang kuat dengan industri halal.

Ia bahkan meminta para pemangku kepentingan untuk segera mempertimbangkan pembentukan Pusat Perdagangan dan Pemasaran Halal untuk fokus pada peluang ekonomi Halal bagi produsen, pemasok, maupun distributor produk dan layanan Halal.

Lembaga tersebut akan mengisi celah yang hilang dan juga mempercepat ekspansi industri di Nigeria. NEPZA siap bermitra dengan ACCI untuk mendirikan pusat tersebut, yang akan dikhususkan mengembangkan ekosistem ekonomi halal.

"Pusat ini akan membahas intelijen pasar, kepatuhan halal, dan layanan dukungan pertumbuhan. Ini akan menjadi yang pertama dari jenisnya di Afrika dan akan memacu peran utama Nigeria di pasar halal Afrika,” ucapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini