Masih Berat Mengerjakan Sholat? Waspada Siksaan Ini

Kamis , 16 Sep 2021, 19:02 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Muhammad Hafil
Siksa Orang yang Berat Melaksanakan Sholat. Foto: sholat berjamaah
Siksa Orang yang Berat Melaksanakan Sholat. Foto: sholat berjamaah

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Ketika peristiwa Isra Mi'raj, Rasulullah ﷺ ditunjukan oleh malaikat Jibril tentang gambaran orang-orang penghuni surga dan penghuni neraka. Salah satu yang ditunjukan Jibril adalah gambaran tentang siksaan yang akan diterima orang-orang yang ketika di dunianya begitu berat untuk melaksanakan sholat. 

 

Terkait

Keterangan ini sebagaimana dapat ditemukan dalam kitab at Targib wat Tarhib: 

Baca Juga

وَفِى حَدِيْثِ الْبَزَّارِقَالَ : ثُمَّ أَتَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى قَوْمٍ تُرْضَحُ رُءوْسُهُمْ بِالصَّخْرِكُلَّمَارُضِحَتْ عَادَتْ كَمَاكَانَتْ وَلَا يَفْتُرُعَنْهُمْ مِنْ ذَلِكَ شَيْءٌ,  قَالَ يَاجِبْرِيْلُ مَنْ هَؤُلَاءِ؟ قَالَ هَؤُلَاءِالَّذِيْنَ تَثَاقَلَتْ رُءُوْسُهُمْ عَنِ الصَّلَاةِ.

Tersebut dalam hadits Al Bazzaar, berkata perawi: Kemudian  nabi ﷺ mendatangi satu kaum (dalam peristiwa isra mi'raj), yang kaum itu sedang ditindih kepala mereka dengan batu besar. Setiap kali kepala mereka itu ditindih batu (lalu hancur) maka kembali lagi kepala mereka seperti semua (berulang-ulang). Tidak sedikitpun dikendurkan siksa bagi mereka. Nab ﷺ bertanya: ya Jibril siapa orang-orang yang kepalanya ditindih dengan batu itu? Jibril menjawab: mereka lah orang-orang yang sangat berat kepalanya untuk mengerjakan sholat. 

Sebab itu bergegaslah sholat ketika sudah masuk waktunya. Dan jangan sampai meninggalkan sholat. Bila terdapat kelalaian pada masa lalu berupa meninggalkan sholat, segera lah bertaubat dengan sungguh-sungguh. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini