Azerbaijan Peringati 103 Tahun Pembebasan Baku

Jumat , 17 Sep 2021, 03:07 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
 Azerbaijan merayakan pengibaran bendera nasional dan Turki di Baku, Azerbaijan.
Azerbaijan merayakan pengibaran bendera nasional dan Turki di Baku, Azerbaijan.

Faksi Muslim Seym terdiri dari 44 delegasi yang dipilih dari wilayah tersebut ke Majelis Konstituante Rusia yang dibentuk setelah Revolusi 1917 dan mewakili lebih dari satu juta Muslim Turki di Azerbaijan dan Kaukasus Selatan.

 

Terkait

Faksi Muslim, atau Dewan Muslim, berfungsi sebagai Parlemen Muslim Transkaukasia. Mengikuti klaim yang gigih dari perwakilan Azerbaijan, yang termasuk di antara peserta yang paling konsisten di parlemen, Seym memproklamasikan kemerdekaan Transkaukasia pada tanggal 9 April 1918. 

Hal ini menyebabkan pembentukan Republik Serikat Transcaucasia. Namun, kontradiksi dan konflik serius di antara kepentingan nasional yang berbeda menghambat Seym Transkaukasia dan Republik Transkaukasia. Akibatnya, delegasi Georgia meninggalkan Seym dan mengumumkan kemerdekaan Georgia pada 26 Mei 1918.

Setelah Georgia, anggota faksi Muslim mengadakan pertemuan terpisah satu hari kemudian dan memutuskan untuk mendeklarasikan kemerdekaan Azerbaijan. Dengan tujuan ini, Dewan Muslim Transkaukasia memproklamirkan dirinya sebagai Dewan Nasional Azerbaijan – badan pembuat hukum negara itu.

Dalam pertemuan itu, seorang negarawan dan tokoh masyarakat terkemuka, Mammad Amin Rasulzade, terpilih sebagai ketua Dewan Nasional Azerbaijan, meskipun dia tidak hadir dalam pertemuan itu, tetapi di Batumi, Georgia.