7 Anggota Badan yang Harus Menempel ke Tempat Sujud

Jumat , 17 Sep 2021, 10:45 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Esthi Maharani
Gerakan shalat saat sedang bersujud (ilustrasi).
Gerakan shalat saat sedang bersujud (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, Salah satu gerakan sholat yang diwanti-wanti Rasulullah Saw untuk dikerjakan dengan sempurna dan tumaninah adalah sujud. Sujud merupakan bagian dari rukun sholat. Tak sah sholatnya seseorang bila tidak melakukan sujud. Maka dalam bersujud harus diperhatikan adalah melibatkan tujuh anggota badan yang masuk dalam syarat sujud.

 

Terkait

Tujuh anggota badan itu adalah kening, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan kedua telapak kaki/ujung kaki. Dalam kitab at Targib wat Tarhib menuliskan hadits Rasulullah Saw yang diriwayatkan Imam Daruquthni:  

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : السُّجُوْدُعَلَى الْجَبْهَةِ وَالْكَفَّيْنِ وَالرُّكْبَتَيْنِ وَالْقَدَمَيْنِ مَنْ لَمْ يُمَكِّنْ شَيْئًامِنْهُ مِنَ الْاَرْضِ أَخْرَقَهُ اللَّهُ بِاالنَّارِ.

Rasulullah Saw bersabda: Sujud itu pada kening, dan kedua telapak tangan, dan kedua lutut, dan kedua ujung kaki. Barangsiapa tidak menempatkan dari anggota sujud itu ke bumi/tempat sujud maka Allah akan membakarnya di api neraka.

Dari sini dapat dipahami juga bahwa orang yang memakai masker maka sujudnya tetap sah, karena hidung dan mulut yang tertutup masker bukanlah anggota sujud.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini