Jumat 17 Sep 2021 18:19 WIB

Calon Jamaah Haji Diminta Jaga Kesehatan, Meski Tertunda

Optimisme calon jamaah haji penting untuk tetap dibangun

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Optimisme calon jamaah haji penting untuk tetap dibangun. Ilustrasi haji masa pandemi
Foto: saudi Gazette
Optimisme calon jamaah haji penting untuk tetap dibangun. Ilustrasi haji masa pandemi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA—Calon jamaah haji diminta optimis untuk menyiapkan kesehatannya sebelum keberangkatan.  Sudah dua tahun calon jamaah haji batal berangkat karena masih pandemi Covid-19. 

Permintaan itu disampaikan Kasub Koordinator Substansi Penyuluhan dan Pembimbingan Pusat Kesehatan Haji,  Imran Handani, saat menjadi pemateri dalam agenda sosialisasi Haji Sehat dan vaksinasi covid-19 kepada Jemaah haji di Kota Makassar pada hari Selasa, 14 September 2021. 

Baca Juga

“Oleh karena itu jamaah haji harus menyiapkan kesehatannya sedini mungkin,” kata Imran seperti dikutip Republika.co.id dari situs Puskeshaji, Jumat (17/9). 

Imran, menyampaikan bahwa ibadah haji adalah ibadah fisik. Pada semua rangkaian proses ibadah haji thawaf dan sai sangat dibutuhkan keadaan fisik yang prima.  

Untuk itu sangat penting para calon jamaah haji menyiapkan kesehatannya jauh sebelum keberangkatannya. 

Salah satunya memeriksakan kesehatanya di daerah masing-masing. “Walaupun ibadah haji dan umroh sampai saat ini mengalami penundaan,” katanya. 

Imran memastikan Allah SWT sudah mencatat sebagai pahala ibadah haji bagi setiap jamaah haji yang gagal berangkat sampai dua kali ini. 

Seperti diketahui pemerintah membatalkan penyelenggaraan ibadah haji pada 2020 dan pada 2021 karena Arab Saudi masih belum bisa menyelenggaran haji internasional karena pandemi. “Niat kita semua yang akan berangkat ibadah sudah dicatat Allah SWT,” katanya.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement