Antisipasi Musim Hujan, Saluran Air Dikeruk

Jumat , 17 Sep 2021, 22:57 WIB Reporter :Dadang Kurnia/ Redaktur : Muhammad Hafil
Hujan deras/ilustrasi
Hujan deras/ilustrasi

IHRAM.CO.ID,SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku pihaknya telah mengambil berbagai langkah antisipasi menyambut musim hujan. Mulai mengeruk endapan lumpur di saluran air hinhga hingga menyelesaikan pembangunan tempat penampungan air atau bozem di Kecamatan Tandes. Eri mengaku, Dinas PU Bina Marga sudah melakukan pengerukan di seluruh saluran di Kota Surabaya. 

 

Terkait

Bahkan, kata dia, saluran yang ada di bawah pedestrian juga sudah dilakukan pengerukan dan beberapa perbaikan. “Kemudian DKRTH juga sudah membersihkan gorong-gorong yang ada di pinggir jalan, sehingga daun-daun yang masuk sudah dibersihkan semuanya,” kata Eri di Surabaya, Jumat (17/9). 

Baca Juga

Eri juga memastikan pihaknya terus membangun saluran persilangan di beberapa tempat. Menurutnya ini penting untuk menyambung saluran yang satu dengan yang lainnya, sehingga saluran itu bisa terkoneksi dan aliran air bisa lancar. “Itulah beberapa hal yang kita lakukan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Eri, ada aset Pemkot Surabaya di daerah Tandes yang digunakan untuk bozem atau tempat penampungan air hujan. "Nah, bozem itu sekarang sudah jadi. Bozem ini penting untuk menampung air di daerah tersebut, sehingga harapan kita tidak ada lagi genangan di daerah tersebut,” kata dia.

Eri mengatakan, yang menjadi fokus dan perhatian saat ini ada di wilayah Surabaya Barat dan juga di Surabaya Selatan. Di tempat tersebut, ada yang dilakukan pengerukan, pelebaran saluran dan juga membuat saluran crossing.

“Mudah-mudahan nanti pada saat musim hujan bisa selesai semuanya. Kami juga terus memanfaatkan rumah pompa untuk mencegah genangan di Surabaya, beberapa perbaikan juga terus dilakukan supaya nanti bisa maksimal,” kata dia.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini