Keutamaan Surat al-Waqiah

Jumat , 17 Sep 2021, 23:16 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Muhammad Hafil
Keutamaan Mengamalkan Surat al-Waqiah. Foto:   Alquran (ilustrasi)
Keutamaan Mengamalkan Surat al-Waqiah. Foto: Alquran (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Alqur’an berisi ajaran-ajaran spiritual yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Tidak ada yang tidak agung dalam Alqur’an. Semua ayat dalam Alqur’an merupakan ayat-ayat yang penuh keagungan dan surat-surat di dalamnya memiliki banyak keutamaan.

 

Terkait

Baca Juga

Sebagai contoh, surat al-Waqi’ah bisa membuat orang yang membacanya mendapatkan kekayaan dan terhindar dari kemiskinan. Hal ini disampaikan Muhammad Zaairul Haq dalam bukunya yang berjudul Rahasia Keutamaan Surat Al-Qur’an terbitan Rene Islam.

Dalam kitab al-Jawahir al-Lamma’ah, menurut dia, telah dijelaskan mengenai salah satu keutamaan  mengamalkan surat al-Waqi’ah, yaitu sebagai wasilah atau perantara memohon kepada Allah agar mendapatkan kekayaan.

Zaairul Haq kemudian menjelaskan cara mengamalkan surat al-Waqi’ah. Pertama, menurut dia, setelah tahajud di sepertiga malam terakhir, usahakan jangan tidur hingga masuk sholat subuh. Setelah itu, lanjutkan dengan sholat sunnah qabliyah Subuh dan sholat subuh berjamaah.

Setelah sholat subuh, baru membaca surat al-Waqi’ah satu kali, dan dilanjutkan dengan membaca wirid berikut sebanyak seribu kali, yaitu

ياكريم يا ودود

(Ya kariimu ya waduud)

Dengan mengamalkan surat al-Waqiah seperti itu, menurut Zaairul Haq, Allah akan memberikan kekayaan dalam waktu yang sangat dekat. Selain itu, menurut dia, orang yang mengamalkan suratal-Waqi’ah juga bisa terhindar dair kemiskinan.

“Salah satu keutamaan paling utama dari surat al-Waqi’ah adalah untuk mempermudah datangnya rezeki dan menghindarkan diri dari kemiskinan atau kesulitan hidup,” kata Zaairul Haq.

Dia pun mengutip sebuah riwayat yang menyatakan bahwa Rasulullah Saw bersabda,

“Barang siapa yang membaca surat al-Waqi’ah pada tiap-tiap malam, maka ia akan terhindar dari kemiskinan selamanya.” (HR Imam Baihaq

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini