Arab Saudi Larang Penanaman Palem di Taman dan Pinggir Jalan

Sabtu , 18 Sep 2021, 11:07 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Muhammad Hafil
Arab Saudi Larang Penanaman Palem di Taman dan Pinggir Jalan. Foto: Pohon palem (ilustrasi)
Arab Saudi Larang Penanaman Palem di Taman dan Pinggir Jalan. Foto: Pohon palem (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, KAIRO—Kementerian Urusan Kota Saudi mengeluarkan surat edaran berisi larangan untuk menanam pohon palem di kebun dan di pinggir jalan. Kepala Departemen Penanaman Pohon dan Taman Fayez Al Faridi mengatakan, larangan tersebut ditujukan untuk mengendalikan penyebaran kumbang palem merah, jenis hama berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada pohon.

 

Terkait

“Mereka (pohon palem) telah diganti dengan pohon lain, dengan penekanan pada pohon lokal yang mengkonsumsi lebih sedikit air,” katanya dikutip di Gulf News, Sabtu (18/9).

Baca Juga

Arab Saudi sebagai pembudidaya utama kelapa sawit, memiliki sekitar 31 juta pohon palem, menurut angka dari National Center for Palms and Dates. Produksi kurma kerajaan menyumbang 17 persen dari keseluruhan produksi dunia, menurut pusat itu dalam statistik yang dirilis tahun lalu.

Februari lalu, sebuah komite pemerintah adhoc yang dipimpin oleh menteri lingkungan, air dan pertanian, merekomendasikan larangan penanaman kelapa sawit di taman umum dan di jalan-jalan di kerajaan untuk mengendalikan penyebaran infeksi kumbang dan meminta gubernur provinsi untuk mengarahkan kota untuk mematuhinya. Larva bonggol sawit merah menyebabkan kerusakan parah pada jaringan sawit dan melemahkan struktur batang pohon.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini