Sabtu 18 Sep 2021 16:31 WIB

Harhubnas 2021, AP II Perkuat Sistem Transportasi Nasional

AP II juga fokus pada sustainability atau ramah lingkungan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Suasana di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin, (6/9). PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) berkomitmen untuk memperkuat sistem transportasi nasional (sistranas).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Suasana di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin, (6/9). PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) berkomitmen untuk memperkuat sistem transportasi nasional (sistranas).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) berkomitmen untuk memperkuat sistem transportasi nasional (sistranas). Hal tersebut sejalan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022 dsn Kementerian Perhubungan menetapkan sistranas yakni tatanan transportasi yang terorganisasi secara kesisteman terdiri dari transportasi jalan, kereta api, sungai dan danau, penyeberangan, laut, udara, dan pipa.

“AP II berupaya memperkuat Sistranas melalui modernisasi tiga aspek, yakni infrastruktur yang diibaratkan sebagai hardware, lalu sistem teknologi informasi sebagai software, dan kemudian pengembangan SDM sebagai brainware," kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (18/9) malam. 

Baca Juga

Selain itu, Awaluddin memastikan AP II juga fokus pada sustainability atau ramah lingkungan. Dia mengharapkan AP II dapat selalu meningkatkan kontribusi guna turut bergerak harmonikan Indonesia sesuai dengan tema Harhubnas 2021 dan memberikan sumbangsih terbaik bagi kemajuan transportasi Indonesia. 

Awaluddin menuturkan pada momen Harhubnas 2021 ini, AP II berkomitmen untuk bergerak maju dan berani berubah. "Ini untuk memodernisasi transportasi udara dan merespons pandemi Covid-19 melalui empat program," tutur Awaluddin. 

Dalam hal infrastruktur, Awaluddin mengatakan AP II fokus mengembngkan Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu. Sementara dalam hal pengembangan sistem teknologi informasi, AP II menjalankan transformasi digital dengan memperkenalkan konsep New Experience through (X) Technology Airport 4.0 atau disebut dengan NEXT Airport 4.0. 

Selain itu, dalam peningkatan kapasitas SDM, Awaluddin mengatakan AP II fokus meningkatkan kapasitasnya di bidang transportasi udara. "Salah satu implementasinya adalah mendirikan Airport Learning Center pertama di Indonesia guna membentuk SDM yang Digital Savvy dan Tech Savvy," jelas Awaluddin.

Lalu dalam hal sustainability, Awaluddin mengatakan AP II tengah mengembangkan bandara ramah lingkungan sebagai transportasi yang lebih berkelanjutan. Hal tersebut sesuai di dalam pesan Meteri Perhunungan pada Harhubnas 2021. 

“Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta tmendapat sertifikat sistem manajemen energi standar global ISO 50001: 2018. Kami juga telah mengimplementasikan penggunaan PLTS di kawasan Bandara Soekarno-Hatta,” ungkap Awluddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement