Agar Orang Lain tak Melintasi Anda Saat Sholat

Ahad , 19 Sep 2021, 07:10 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi sholat di masjid dengan protokol kesehatan (menjaga jarak).
Ilustrasi sholat di masjid dengan protokol kesehatan (menjaga jarak).

IHRAM.CO.ID, Sebagian dari Anda kerap kali melihat ada seseorang yang baik disengaja maupun sengaja melintasi orang lain yang tengah sholat. Lalu bagaimana menyikapinya?

 

Terkait

Ketika seorang hamba sedang menunaikan ibadah sholat sejatinya ia sedang berkomunikasi dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Maka ketika ada orang yang sedang sholat jangan sekali-kali mengganggunya atau bahkan dengan sengaja lewat di depannya, perbuatan demikian sangat dilarang dalam syariat. 

Baca Juga

Untuk mengantisipasi agar orang lain tidak lewat di depan Anda ketika sedang sholat, maka pilihlah tempat sholat yang bukan jalan orang berlalu lalang, semisal berbatasan dengan tembok, atau tiang masjid.

Atau Anda dapat membatasi area sholat Anda dengan menggelar sajadah, menempatkan tongkat atau sejenisnya sebagai batas area Anda sholat sehingga orang lain mengetahui dan menghindari Anda sehingga tidak melewati Anda yang sedang sholat. 

Akan tetapi bila cara-cara di atas telah Anda lakukan, sudah menggelar sajadah, sudah menempatkan batasan area sholat, atau posisi sholat sudah berbatasan dengan dinding atau tiang, namun ternyata ada orang yang tetap nekat lewat di depan Anda yang sedang sholat maka langkah pertama adalah mencegahnya.

Cara mencegahnya dapat dengan menarik lehernya atau bagian lain tubuh orang itu ke arah lain sehingga menjauh dari area sholat Anda. Namun jika tetap orang itu memaksa lewat di hadapan Anda maka boleh untuk memukulnya. Sebab orang yang lewat itu tidak memuliakan orang yang sedang sholat.