Senin 20 Sep 2021 08:58 WIB

Saudi Minta Setiap Negara Jamin Ketersediaan Vaksin Covid-19

Sistem kekayaan intelektual tidak boleh menjadi hambatan untuk ketersediaan vaksin

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Vaksin Covid-19 (ilustrasi)
Foto: Pxhere
Vaksin Covid-19 (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Juru bicara Otoritas Saudi untuk Kekayaan Intelektual (SAIP) Yasser Al-Hakami menyatakan bahwa Arab Saudi telah meminta negara-negara lain untuk mengambil tanggung jawab untuk mengatasi pandemi Covid-19. Caranya dengan menyediakan vaksin Covid-19 untuk semua penduduknya, mengikuti Organisasi Perdagangan Dunia (WTO ) kesepakatan tentang Aspek Terkait Perdagangan dari Hak Kekayaan Intelektual (TRIPS).

Dia membuat pengumuman ini pada konferensi pers yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan pada Ahad (19/9), sambil menambahkan bahwa Kerajaan tertarik bahwa sistem kekayaan intelektual tidak boleh menjadi hambatan untuk memindahkan vaksin ke negara lain.

Di pihaknya, Dr. Mohammed Al-Abdali, juru bicara resmi Kementerian Kesehatan, menegaskan bahwa 6 miliar dosis telah diberikan di dunia, yang merupakan langkah positif untuk memerangi dan mengatasi epidemi.

Juru bicara itu memperingatkan bahwa dengan mendekatnya Hari Nasional, semua orang yang akan berpartisipasi dalam perayaan harus mengikuti protokol dan divaksinasi. Mereka harus telah menyelesaikan dosis, dan juga mematuhi tindakan pencegahan. Dia menambahkan bahwa Arab Saudi telah memberikan lebih dari 40 juta dosis vaksin hingga saat ini sejak dimulainya vaksinasi.

 

Pada konferensi pers yang sama, juru bicara Kementerian Perdagangan Abdul Rahman Al-Hussein mengingatkan pentingnya berhati-hati dan menjauhi kerumunan terutama di mal. Kerumunan, karena banyaknya penawaran oleh toko pada hari ini, dapat menjadi peristiwa penyebar virus corona dan menyebabkan peningkatan kasus.

Al-Hussein menegaskan bahwa konsumen harus menyadari hak-hak mereka dan pentingnya memastikan harga riil dan diskon musiman di pasar dan toko elektronik. Kementerian Perdagangan mewajibkan toko untuk mendapatkan lisensi untuk menyajikan penawaran dan diskon dan menempatkannya di tempat yang membantu konsumen untuk memverifikasinya.

Pengaturan persentase diskon dan harga produk sebelum dan sesudah diskon penting, tambahnya. Juru bicara itu menambahkan bahwa lebih dari 2.700 fasilitas telah memperoleh lisensi untuk Hari Nasional.

Patut dicatat bahwa Kementerian Perdagangan telah menyediakan layanan elektronik untuk menerbitkan lisensi diskon bagi perusahaan komersial. Al-Hussein meminta semua orang untuk membawa aplikasi "Balagh Tijary" untuk dapat mengetahui diskon di seluruh Kerajaan dan melaporkan setiap pelanggaran.

Kementerian Dalam Negeri juga mengumumkan bahwa lebih dari 26.000 pelanggaran tindakan pencegahan terdeteksi dalam seminggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement