Rabu 22 Sep 2021 05:46 WIB

Satgas: Pandemi Covid-19 di Indonesia Terkendali

Per 20 September, kasus positif harian telah menyentuh angka 1.000 kasus.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Juru Bicara dan Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam Keterangan Pers yang ditayangkan secara virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) – KPCPEN.
Foto: Istimewa
Juru Bicara dan Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam Keterangan Pers yang ditayangkan secara virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) – KPCPEN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini telah terkendali. Hal ini terlihat dari perbaikan di berbagai indikator penanganan Covid-19, seperti kasus positif, angka kasus aktif, hingga angka kesembuhan.

“Dengan segala perbaikan dari berbagai indikator penanganan Covid-19 di Indonesia dapat dikatakan bahwa saat ini pandemi Covid-19 terkendali,” kata Wiku saat konferensi pers, Selasa(21/9).

Satgas mencatat pada pekan ini kasus Covid-19 di Indonesia kembali mengalami penurunan yang sangat drastis. Per 20 September, kasus positif harian telah menyentuh angka 1.000 kasus, dengan kasus aktif yang telah menyentuh 1 persen selama lima hari berturut-turut.

“Ini adalah pencapaian yang sangat baik dan buah kerja keras kita semua mengingat kita pernah mencapai 56 ribu kasus, dengan kasus aktif hingga 18 persen pada bulan Juli lalu,” ujarnya.

Wiku mengatakan, menurunnya kasus positif ini juga diikuti dengan terus meningkatnya persentase kesembuhan. Hingga saat ini, kesembuhan di Indonesia telah mencapai lebih dari 95 persen serta angka kesembuhan harian yang terus mengalami peningkatan beberapa kali lipat dari kasus positif tiap harinya.

“Bahkan pada 13 September, kasus kesembuhan kita bertambah hampir lima kali lipat dari kasus positif harian. Di mana kasus positif bertambah 2.577 kasus, sedangkan kesembuhan bertambah 12.474 kasus,” ujar Wiku.

Seiring dengan menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia, lanjut Wiku, pemerintah terus berkomitmen meningkatkan jumlah testing agar semakin banyak kasus yang terdeteksi. Pada minggu terakhir, jumlah orang yang diperiksa mencapai satu juta orang. Angka ini terus mengalami peningkatan dari yang sebelumnya berkisar 600-900 ribu orang.

Sementara itu, angka positivity rate di Indonesia pun juga menunjukan perbaikan yakni sebesar 2,48 persen. “Ini adalah positivity rate mingguan terendah yang pernah kita capai sepanjang pandemi,” tambah dia.

Perbaikan kondisi Covid-19 di Indonesia ini tercapai berkat kerja sama yang terjalin antara seluruh lapisan masyarakat dan unsur pemerintah, serta peran besar para tenaga kesehatan dalam penanganan pasien Covid-19.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement