Rabu 22 Sep 2021 12:12 WIB

Kue Bulan Lambangkan Simbol, Rasa, dan Variasi Daerah

Kue bulan memiliki beragam variasi, tergantung daerah asalnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Moon cake alias kue bulan memiliki beragam variasi.
Foto: dok JW Marriott Jakarta
Moon cake alias kue bulan memiliki beragam variasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada zaman kuno, kue bulan adalah semacam persembahan kepada bulan. Selama berabad-abad, kue spesial ini telah menjadi makanan paling populer di Festival Pertengahan Musim Gugur.

Kue bulan biasanya berdiameter sekitar 5 cm hingga 10 cm dengan tebal hingga 5 cm. Kebanyakan kue bulan memiliki kulit pastry yang membungkus isian manis dan padat.

Baca Juga

Kue bulan biasanya dimakan dalam irisan kecil selama festival, dan dibagikan oleh anggota keluarga. Umumnya, kue disajikan dengan teh China.

Dalam budaya Tionghoa, bulat melambangkan kelengkapan dan kebersamaan. Bulan purnama melambangkan kemakmuran dan reuni bagi seluruh keluarga. Kue bulan bundar melengkapi bulan panen di langit malam di Festival Pertengahan Musim Gugur.

Dilansir China Highlights pada Selasa (21/9), kue bulan bukan hanya makanan. Ini adalah tradisi budaya yang mendalam di lubuk hati orang China, yaitu melambangkan perasaan spiritual.

Pada Festival Pertengahan Musim Gugur, orang-orang makan kue bulan bersama keluarga. Mereka juga mempersembahkan kue bulan kepada kerabat atau teman untuk mengungkapkan cinta dan harapan terbaik.

Di seluruh China, kue bulan bervariasi sesuai dengan gaya dan rasa daerah yang berbeda. Isian kue bulan tergantung pada budaya dan tradisi makan setempat. Variasi yang paling populer meliputi:

Kue bulan bergaya Kanton

Kuenya punya rasa manis dan berbagai isi. Kue bulan ala Kanton berasal dari Provinsi Guangdong, Tiongkok Tenggara. Bahan-bahan yang digunakan untuk isiannya pun bermacam-macam. Bahan yang paling sering digunakan termasuk pasta biji teratai, pasta biji melon, ham, ayam, bebek, babi panggang, jamur, dan kuning telur.

Kue bulan bergaya Beijing

Kue yang satu ini memiliki dekorasi yang teliti. Gaya ini adalah variasi khas di Cina Utara. Itu berasal dari Beijing dan Tianjin. Proporsi umum kue dan isian untuk kue bulan ala Beijing adalah empat berbanding enam.

Kue bulan bergaya Suzhou

Kue bulan ala Suzhou memiliki lapisan kulit yang renyah dan berserpih. Kue bulan bergaya Suzhou (singkatnya kue bulan Su) mewakili wilayah Delta Yangtze di sekitar Shanghai.

Kue bulan Su muncul lebih dari 1.000 tahun lalu. Mereka terkenal di seluruh China karena lapisan kue kering dan bergula dan dibuat dari lemak babi. Ada kue bulan Suzhou yang manis dan gurih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement