Rabu 22 Sep 2021 17:31 WIB

Gubernur Kalsel: Korupsi dapat Menghambat Kemajuan

Dalam lima tahun ini tak ada pejabat di Pemprov Kalsel yang tersangkut korupsi

-Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengingatkan segenap elemen masyarakat untuk menjauhi praktek korupsi. Dikatakan Paman Birin korupsi dapat menghambat kemajuan sebuah negara dan sulit bersaing dengan negara lain.
Foto: istimewa
-Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengingatkan segenap elemen masyarakat untuk menjauhi praktek korupsi. Dikatakan Paman Birin korupsi dapat menghambat kemajuan sebuah negara dan sulit bersaing dengan negara lain.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU--Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengingatkan segenap elemen masyarakat untuk menjauhi praktek korupsi. Dikatakan Paman Birin korupsi dapat menghambat kemajuan sebuah negara dan sulit bersaing dengan negara lain. “Dengan pencanangan ZI (zona integritas) BPS Kalsel ini saya berharap dapat menghambat praktek korupsi sekaligus meningkatkan layanan publik,” kata Paman Birin, sapaan akrabnya.

Menurut Paman Birin, setelah 76 tahun merdeka, perlu dipertanyakan apakah negara ini sudah bisa lepas dari belenggu kemiskinan dan kebodohan.“Apakah sudah bisa memberikan kesejahteraan baik secara infrastruktur dan kebutuhan sosial lainnya,” kata Paman Birin.

Contohnya, hingga kini apakah di Kalimantan  sudah punya angkutan massal kereta api. “Sampai- sampai saya tak berhenti menyanyikan lagu kereta malam,” kata Paman Birin. Ini maknanya bukan sekedar lagu, namun sebagai motivasi untuk memperjuangkan kemajuan pembangunan daerah. Keinginan rakyat Kalimantan dengan adanya angkutan kereta api ini juga sudah disampaikan kepada Presiden RI. 

Ia pun bersyukur selama periode kepemimpinannya dalam lima tahun terakhir ini tak ada pejabat di lingkup Pemprov Kalsel yang tersangkut hukum akibat korupsi. “Alhamdulilah selama lima tahun terakhir ini tak ada pejabat di lingkungan pemerintah provinsi Kalsel yang berurusan dengan hukum akibat korupsi,” kata Paman Birin kala memberikan sambutan di pencanangan zona integritas wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBH) BPS Provinsi Kalsel, di Kantor BPS Kalsel, Banjarbaru Rabu (22/9).

Dikatakan Paman Birin korupsi dapat menghambat kemajuan sebuah negara dan sulit bersaing dengan negara lain. “Dengan pencanangan zona integritas (ZI) BPS Kalsel ini saya berharap dapat menghambat praktek-praktek korupsi sekaligus meningkatkan layanan publik,” kata Paman Birin.

Kepala BPS Yos Rusdiansyah mengatakan upaya pembangunan zona integritas di BPS Kalsel sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Selain BPS Kalsel, BPS HSU, BPS HST dan Banjarmasin juga melaksanakan pencanangan zona integritas.

“Output berupa inovasi telah banyak dihasilkan BPS Kalsel meski tantangan dan di tengah pandemi. Inovasi sudah menyentuh pada manajemen perubahan, manajemen SDM, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas serta peningkatan layanan publik,” kata Yos Rusdiansyah.

Dalam Pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), BPS telah melaksanakan pembinaan pengelolaan akuntabilitas kinerja, pengaduan masyarakat, pembentukan  satgas Covid serta meningkatkan Standar pelayanan publik dengan pelayanan statistik terpadu, serta memaksimalkan peran medsos terkait data terpadu

Sementara Kepala ombudsman kalsel Hadi Rahman mengatakan  pencanangan ZI adalah tahap awal utk meraih predikat WBK dan WBBM.“Perlu komitmen kuat untuk menuju ke sana dengan meningkatkan layanan publik dan menghindari praktek maladministrasi,” kata Hadi. 

Pencanangan zona integritas BPS Kalsel ini juga dihadiri perwakilan Forkopimda Kalsel, sejumlah kepala OPD lingkup Pemprov Kalsel, serta para kepala BPS kabupaten/kota secara virtual.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement