Kamis 23 Sep 2021 20:14 WIB

Protes Nama Masjid Kurdi Diganti Masjid Turki

Penghapusan Nama Kurdi Upaya Penghancuran Identitas’ 

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Protes Nama Masjid Kurdi Diganti Masjid Turki
Foto: Ahval News
Protes Nama Masjid Kurdi Diganti Masjid Turki

IHRAM.CO.ID, ANKARA—Kementerian Pariwisata menjelaskan bahwa sejak abad ke-17, ‘Masjid Kurdi’ di Turki tengah selatan telah diubah menjadi ‘Masjid Turki’. Perubahan itu merupakan bagian dari proyek restorasi.

Terletak di provinsi Kilis tengah, “Masjid Kurdi” dibangun pada 1800-an oleh pemilik tanah Kurdi lokal. Masjid tersebut menjalani restorasi pada 2018 atas perintah Direktorat Jenderal Yayasan Turki, dengan penambahan label nama ‘Masjid Turki’ di samping label aslinya. Langkah ini menuai kritik dari warga lokal, khususnya suku Kurdi yang cukup besar di wilayah tersebut.

Baca Juga

Kantor gubernur provinsi Hatay, yang sebelumnya menjadi bagian dari Kilis, sebelumnya telah mencatat bahwa struktur tersebut telah mengalami perubahan nama setelah kehilangan bentuk aslinya dan menjalani banyak perbaikan. Sementara itu, para kritikus melihat penghapusan nama-nama yang terkait dengan Kurdi dari taman umum dan jalan-jalan oleh pemerintah Turki sebagai bagian dari upaya untuk menghancurkan identitas etnis minoritas.

Seperti yang terjadi pada rambu jalan Kurdi-Turki dwibahasa di kota Diyarbakır, Turki tenggara, yang dihapus dan diganti dengan rambu satu bahasa dalam bahasa Turki oleh pemerintah lokal yang ditunjuk pemerintah menjelang pemilihan lokal 2019.

Sumber

https://ahvalnews.com/kurds/kurds-mosque-changed-turks-mosque-due-restoration-says-govt

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement