Kamis 23 Sep 2021 17:57 WIB

Menengok Riwayat Islam di Ujung Selatan Afrika (1)

Islam di selatan Afrika baru berumur sekitar tiga abad.

Menengok Riwayat Islam di Ujung Selatan Afrika (1). Ilustrasi Muslim Afrika
Foto: EPA/JON HRUSA
Menengok Riwayat Islam di Ujung Selatan Afrika (1). Ilustrasi Muslim Afrika

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Azhar Rasyid, Penilik sejarah Islam

Bila menyebut Islam dan Benua Afrika, maka yang pertama hinggap di benak orang tentulah kehadiran agama ini di negara-negara seperti Mesir, Libya, Tunisia, Aljazair, dan Maroko. Dengan kata lain, Islam di Afrika identik dengan Islam di Afrika bagian utara dan timur laut.

Baca Juga

Ini tidaklah mengherankan mengingat wilayah-wilayah ini punya ikatan sejarah yang amat panjang dengan agama Islam. Dinasti Umayyah telah menaklukkan Maroko sejak abad ke-7, dan nuansa Islam di negeri ini masih bertahan hingga kini.

Nabi Musa menjalankan tugas kenabiannya dengan Mesir sebagai latar geografisnya. Dewasa ini, Mesir, khususnya Universitas Al-Azharnya, dikenal sebagai salah satu pusat studi Islam terkemuka di dunia. Bagian-bagian lain dari Afrika Utara juga punya sejarah yang erat dengan lahir dan tumbuhnya agama Islam.

Kuatnya ikatan sejarah antara Afrika Utara dengan Islam membuat kehadiran Islam di bagian Afrika lainnya menjadi agak terabaikan. Salah satunya di bagian Afrika yang paling jauh dari pusat-pusat penting Islam, seperti Mekkah dan Madinah.

Bagian Afrika itu adalah Afrika di bagian selatan, suatu kawasan yang mencakup Botswana, Swaziland, Lesotho, Namibia, dan, yang terbesar di antara semuanya, Afrika Selatan. Nama-nama ini tergolong asing bagi telinga publik dalam kaitan mereka dengan Islam. Padahal, Islam juga telah cukup lama hadir dan berkembang di wilayah-wilayah ini.

 

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement