Jumat 24 Sep 2021 07:39 WIB

Indonesia Sampaikan Turunnya Covid ke Inggris dan Saudi

Kasus Covid-19 Indonesia pada September 2021 turun signifikan dibandingkan Juli lalu.

Indonesia Sampaikan Turunnya Covid ke Inggris dan Saudi. Menlu Retno Marsudi.
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Indonesia Sampaikan Turunnya Covid ke Inggris dan Saudi. Menlu Retno Marsudi.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melaporkan situasi Covid-19 di Indonesia yang sudah melandai saat bertemu Menlu Inggris Liz Truss di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-76 di Amerika Serikat.

Dalam pertemuan itu, Menlu Retno menunjukkan data perbandingan kasus Covid-19 pada Juli ketika mencapai rekor tertinggi dengan September yang menunjukkan penurunan signifikan. “Harapan saya adalah data-data yang saya sampaikan ini akan digunakan oleh otoritas Inggris sebagai masukan untuk melakukan peninjauan terhadap red/green list mereka,” kata Retno dalam konferensi pers, Rabu (22/9).

Baca Juga

Indonesia mencatat kasus harian Covid-19 tertinggi selama pandemi sebanyak 56.757 pada 15 Juli. Tak lama setelah itu, Inggris memasukkan Indonesia ke dalam daftar merah atau red list.

Pemerintah Inggris melarang warganya bepergian ke negara-negara dalam daftar merah. Sementara yang diperbolehkan masuk hanya warga Inggris, Irlandia, dan pemegang izin tinggal di Inggris. Selain itu, kedua menlu juga membahas isu mengenai Myanmar dan Afghanistan dalam kesempatan tersebut.

Retno menambahkan Menlu Inggris berencana mengunjungi Indonesia pada akhir tahun ini. “Untuk menindaklanjuti semua pembicaraan yang kita lakukan pada Senin kemarin, dan juga membahas kerja sama yang lebih strategis antara kedua negara,” ungkap Retno.

Pertemuan dengan Menlu Arab Saudi

Menlu Retno juga melaporkan penurunan kasus Covid-19 di Indonesia ketika bertemu Menlu Arab Saudi Faisal bin Farhan Al Saud di sela-sela sidang PBB. “Mengharapkan kiranya data-data tersebut digunakan oleh otoritas Arab Saudi di dalam meninjau kembali kebijakan terkait vaksin, umrah dan lain-lain,” ujar Retno.

Pada Selasa kemarin, Kementerian Agama mengungkapkan pemerintah Arab Saudi sudah mencabut Indonesia dari daftar negara yang berstatus suspend atau larangan terbang langsung ke Saudi. Namun, menurut Kemenag, hingga saat ini pemerintah Saudi belum mengeluarkan regulasi apa pun tentang penyelenggaraan umroh di luar dari warga negaranya.

“Kita juga membahas perkembangan di Afghanistan dan akan melanjutkan koordinasi dengan OKI dalam menyikapi perkembangan di Afghanistan,” tambah Retno.

Indonesia mengumumkan 3.263 kasus baru Covid-19 pada Selasa sehingga total kasus seluruhnya menjadi 4.195.958. Jumlah tersebut menurun dibanding pada bulan Juli ketika kasus harian Covid-19 mencapai puluhan ribu akibat varian Delta.

https://www.aa.com.tr/id/nasional/indonesia-sampaikan-kasus-covid-19-yang-turun-ke-inggris-dan-arab-saudi/2371484

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement