Selasa 28 Sep 2021 11:54 WIB

Ambon Berencana Uji Coba Belajar Tatap Muka di SMP

Hanya sekolah yang capaian vaksinasinya 80 persen diizinkan melakukan PTM.

Ambon Berencana Uji Coba Belajar Tatap Muka di SMP
Foto: ANTARA/ADWIT B PRAMONO
Ambon Berencana Uji Coba Belajar Tatap Muka di SMP

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Pemerintah Kota Ambon, Maluku berencana melakukan uji coba pembelajaran tatap muka di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah sederajat pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 2.

"Uji coba sekolah tatap muka akan dimulai dalam waktu dekat, salah satu syarat yang ditetapkan bagi siswa dan guru yakni menjalani tes swab PCR," Kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Jhon Sanders, Selasa (28/9).

Baca Juga

Dia mengatakan Pemkot Ambon sangat berhati-hati dalam penerapan belajar tatap muka, sehingga berbagai kebijakan ditempuh bukan hanya vaksinasi bagi siswa dan tenaga pendidik, tetapi juga tes swab PCR. Uji coba pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM), menurut dia, utamanya akan dilakukan di sekolah-sekolah yang sebagian besar siswanya sudah divaksinasi Covid-19.

"Tidak semua sekolah diizinkan melaksanakan PTM, tetapi hanya sekolah yang capaian vaksinasinya siswa 80 persen, dengan pembatasan 50 persen siswa (yang hadir)," katanya.

Ia menjelaskan hasil uji coba pembelajaran tatap muka di tingkat SMP dan sekolah sederajat akan dijadikan sebagai masukan dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di jenjang pendidikan lainnya. Kota Ambon sudah masuk wilayah PPKM Level 2 sehingga sudah boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selama uji coba pembelajaran tatap muka, jumlah siswa yang mengikuti kegiatan belajar dibatasi 50 persen dari kapasitas ruang. Menurut data Dinas Kesehatan Kota Ambon, vaksinasi Covid-19 dosis pertama sudah dilakukan pada 20.877 orang atau 62 persen lebih dari total 33.322 anak usia 12-17 tahun. Vaksinasi juga sudah dilakukan pada 5.100 tenaga pendidik di tingkat pendidikan anak usia dini sampai sekolah menengah atas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement