Rabu 29 Sep 2021 13:49 WIB

Arab Saudi Umumkan Rencana Resor Pegunungan Desert Rock

Resor ini akan menampilkan fasilitas mutakhir kelas dunia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Umumkan Rencana Resor Pegunungan Desert Rock. Desain resor gunung baru bernama Desert Rock di Arab Saudi. Arsitekturnya menyatu dengan lanskap alam.
Foto: Al Arabiya
Arab Saudi Umumkan Rencana Resor Pegunungan Desert Rock. Desain resor gunung baru bernama Desert Rock di Arab Saudi. Arsitekturnya menyatu dengan lanskap alam.

IHRAM.CO.ID,  RIYADH -- Pengembang di belakang Proyek Laut Merah Arab Saudi telah mengungkapkan rencana desain untuk resor gunung baru bernama Desert Rock di pemandangan wadi di barat Kerajaan. Perusahaan Pengembangan Laut Merah (RSDC) mengumumkan resor besar itu akan terletak di pegunungan Saudi untuk menggabungkan arsitektur dengan lanskap alam.

Dibuat oleh firma desain arsitektur internasional, Oppenheim Architecture, Desert Rock dirancang untuk melindungi dan melestarikan lingkungan dan akan memungkinkan pengunjung untuk terhubung dengan alam dan budaya lokal di wilayah tersebut.

Baca Juga

“Kami ingin menciptakan destinasi yang memungkinkan pengunjung merasakan keindahan Arab Saudi yang tak tersentuh. Desert Rock akan memberikan pemandangan spektakuler tanpa gangguan sambil melestarikan lanskap alam untuk dinikmati generasi mendatang,” kata John Pagano, CEO RSDC, dilansir Al Arabiya, Rabu (29/9).

Pengunjung akan memasuki resor melalui lembah tersembunyi yang terletak di antara pegunungan. Dari sana, mereka akan menemukan 48 vila dan 12 kamar hotel di dalam gunung yang terletak di antara pemandangan, dengan arsitektur yang sepenuhnya terintegrasi ke dalam batu. Wisatawan tak perlu khawatir, berbagai akomodasi akan tersedia, mulai dari suite hotel di tengah gunung hingga sejumlah kamar galian tertentu di dalam batu.

Untuk memberikan pemandangan tanpa gangguan melintasi lanskap, sebagian besar jalan menuju resor akan didorong ke tepi wadi utama dan tersembunyi di balik gundukan lanskap. Ini juga akan meminimalkan polusi suara dan cahaya, memungkinkan pengunjung dapat melihat sepenuhnya lanskap gurun.

Resor ini akan menampilkan fasilitas mutakhir, termasuk spa dan pusat kebugaran kelas dunia, area makan, serta fitur oasis laguna. Pengunjung juga bisa mendaki, menggunakan dune buggies, dan menatap bintang sebagai bagian dari program kegiatan di seluruh lokasi.

Proyek ini bertujuan mempertahankan sejarah kuno situs dengan mempekerjakan masyarakat setempat sebagai penjaga tanah dan menyediakan wisata pendidikan bagi pengunjung tentang sejarah lokal daerah tersebut. Sebagai bagian dari komitmen RSDC untuk pariwisata regeneratif, Desert Rock akan dirancang untuk mencapai tingkat sertifikasi Kepemimpinan dalam Desain Energi dan Lingkungan (LEED) tertinggi.

Arsitekturnya telah dirancang untuk mengurangi konsumsi energi dan meregenerasi flora asli. Sistem retensi dan distribusi air akan digunakan di seluruh lokasi dengan air hujan yang dipanen digunakan untuk menciptakan wadi yang lebih hijau dan berkembang.

Pekerjaan persiapan lokasi telah dimulai dan konstruksi dimulai pada Juli 2021. Proyek Laut Merah telah melewati tonggak penting di tempat tujuan dan pekerjaan sedang berjalan untuk menyambut pengunjung pertama pada akhir tahun 2022, ketika hotel pertama akan dibuka dan selesai pada 2023, termasuk total 16 hotel.

https://english.alarabiya.net/News/gulf/2021/09/28/Saudi-Arabia-unveils-plans-for-new-luxury-Desert-Rock-mountain-resort

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement