Al Ahsa Cetak Rekor Dunia Jumlah Spesies Kurma Terbesar

Rabu , 29 Sep 2021, 15:57 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Esthi Maharani
Seorang petani memanen kurma
Seorang petani memanen kurma

IHRAM.CO.ID, AHSA – Center for Palms and Dates di Al-Ahsa, Arab Saudi telah membuat rekor dunia dengan memiliki bank terbesar dari pohon kurma asli secara genetik di dunia. Guinness World Records mendaftarkan lebih dari 127 spesies palem asal nasional dan internasional di pusat tersebut.

 

Terkait

Dilansir Saudi Gazette, Rabu (29/9), Direktur Pusat Khalid Al-Husseini mencatat pusat tersebut bekerja mengembangkan database untuk pohon kurma dan melestarikannya dari kepunahan, serta memfasilitasi studi dan penelitian fisiologis dan morfologis tentang jenis ini dan tingkat kesesuaiannya dengan kondisi iklim setempat.

Dia menekankan, pencapaian ini menambah pencapaian nasional lainnya dan berupaya mewujudkan tujuan Saudi Vision 2030 dalam memperkaya penelitian ilmiah di sektor pertanian.

Sementara itu, untuk kasus Covid-19, Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengumumkan adanya 50 kasus baru yang dilaporkan dalam 24 jam sebelumnya yang berarti 547.035 orang tertular Covid-19. Dari total kasus tersebut, 227 masih dalam kondisi kritis. Menurut kementerian, jumlah kasus tertinggi tercatat di Jeddah dengan delapan kasus, diikuti oleh ibu kota Riyadh dengan enam kasus, dan Buraidah, Khaybar dan Taif masing-masing memastikan dua kasus.

Untuk kematian baru, Saudi mencatat lima pasien yang meninggal sehingga meningkatkan jumlah kematian menjadi 8.709 orang. Sebanyak 53 pasien telah sembuh sehingga jumlah total pemulihan di Kerajaan menjadi 536.079 orang. Lebih dari 41,8 juta dosis vaksin virus korona telah diberikan di Kerajaan hingga saat ini melalui 587 pusat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini