Uni Eropa Kucurkan 300 Juta Euro untuk Bantu Afghanistan

Kamis , 30 Sep 2021, 12:49 WIB Reporter :Kamran Dikarma/ Redaktur : Esthi Maharani
Uni Eropa
Uni Eropa

IHRAM.CO.ID, BRUSSELS – Uni Eropa mengalokasikan dana sebesar 300 juta euro untuk bantuan kemanusiaan ke Afghanistan. Bantuan itu diharapkan meringankan negara yang tengah dilanda krisis tersebut.

 

Terkait

“Kami berdiri bersama rakyat Afghanistan. Hari ini penerbangan kemanusiaan Uni Eropa menuju Kabul membawa bantuan penting. Lebih banyak bantuan akan datang,” kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen lewat akun Twitternya pada Rabu (29/9).

Sementara itu, Komisioner Uni Eropa untuk Manajemen Krisis Janez Lenarcic mengungkapkan, European Union Humanitarian Air Bridge menyalurkan lebih dari 32 ton kebutuhan vital ke Afghanistan. “Pesawat yang didanai Uni Eropa ini membuat mitra kita, yakni UNICEF dan WHO bisa mendistribusikan bantuan epnting untuk warga Afghanistan yang terdampak konflik dan wabah kolera,” ujar Lenarcic.

Dia mengatakan, Uni Eropa tetap berkomitmen membantu rakyat Afghanistan. Awal bulan ini, UN’s Central Emergency Response Fund mengucurkan dana sebesar 45 juta dolar AS untuk membantu mencegah sistem kesehatan Afghanistan kolaps.

Bantuan itu dikucurkan setelah Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengunjungi Afghanistan dan bertemu dengan pemimpin senior Taliban. Pasca-kunjungan tersebut, Ghebreyesus mengungkapkan bahwa sistem kesehatan di Afghanistan berada di ambang keruntuhan. Menurut dia, hal itu dapat dicegah jika ada tindakan darurat diambil.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini