Allah tidak Menyiksa Orang yang Bersyukur dan Beriman

Kamis , 30 Sep 2021, 14:23 WIB Reporter :Fuji E Permana/ Redaktur : Esthi Maharani
Ilustrasi Lafadz Allah
Ilustrasi Lafadz Allah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang, karenanya dalam Surah An-Nisa Ayat 147 ditegaskan bahwa Allah tidak akan menyiksa mereka yang bersyukur dan beriman.

 

Terkait

مَا يَفْعَلُ اللّٰهُ بِعَذَابِكُمْ اِنْ شَكَرْتُمْ وَاٰمَنْتُمْۗ وَكَانَ اللّٰهُ شَاكِرًا عَلِيْمًا ۔

Allah tidak akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui. (QS An-Nisa: 147)

Tafsir Kementerian Agama menerangkan ayat ini, Allah tidak akan menyiksa seseorang secara semena-mena. Allah menyiksa orang-orang munafik, hanyalah karena perbuatan mereka sendiri.

Allah kepada mereka telah memberi akal, panca indera dan perasaan tetapi tidak mereka pergunakan sebagaimana mestinya. Sehingga mereka tidak mau menerima petunjuk-petunjuk Allah, dan jiwa mereka menjadi kotor serta penyakit kemunafikan bersemi di dalam diri mereka.

Apabila Allah memberikan pahala kepada mereka, sesudah mereka bertobat adalah karena kesadaran dan keikhlasan yang timbul dari hati mereka sendiri, dan telah melakukan amal saleh yang didasarkan kepada iman yang benar.

Kemudian Allah menegaskan bahwa Dia Maha Pembalas jasa kepada hamba-Nya yang mau bersyukur dan Maha Mengetahui setiap amal perbuatan yang dilakukannya, dengan memberikan pahala yang tidak terhingga.

Allah berfirman, "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (QS Ibrahim: 7).

Dalam tafsir ayat ini dijelaskan Allah menyiksa orang-orang munafik, karena perbuatan mereka sendiri. Nabi Muhammad SAW pernah menjelaskan ciri-ciri orang munafik sebagai berikut.

Orang munafik memiliki tiga tanda, yaitu jika bicara dia bohong, jika berjanji ingkar, dan jika diberi amanat dia berkhianat dan tidak berguna bagi orang munafik nasihat (tidak ada efeknya nasihat bagi orang munafik).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini