Ahad 03 Oct 2021 18:45 WIB

Cara Meningkatkan Kecepatan WiFi di Rumah

Salah satu cara meningkatkan kecepatan WiFi dengan tingkatan perangkat lunak router

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Wifi
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Wifi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada yang menyukai WiFi lambat dan itu menjadi masalah yang membuat frustasi. Dalam panduan ini akan fokus pada perbaikan perangkat lunak dan perubahan yang dapat dilakukan pada peralatan yang ada. Jika tweak tersebut tidak berhasil, beralih ke sistem jaringan mesh atau membeli repeater juga dapat meningkatkan kecepatan WiFi Anda.

Pertama, tingkatan perangkat lunak router Anda. Dilansir dari Popular Science, Ahad (3/10), sama seperti laptop dan ponsel Anda, router menjalankan perangkat lunaknya sendiri. Dalam hal ini, disebut firmware karena sangat terkait erat dengan perangkat keras-produsen memasang dan mengonfigurasinya sebelum mengirimkan perangkat.

Baca Juga

Perusahaan tidak sering mengeluarkan pembaruan untuk firmware router mereka, tetapi banyak yang membuat versi baru dari perangkat lunak mereka tersedia untuk diunduh. Pembaruan ini memperbaiki bug dan mungkin juga mencakup peningkatan kinerja, serta dukungan tambahan untuk perangkat yang lebih baru di pasar.

Cara terbaik untuk menemukan firmware baru untuk router Anda adalah dengan mengunjungi situs web produsen atau penyedia layanan internet yang memberi Anda router. Jika Anda tidak dapat menemukan tautan unduhan, jalankan pencarian web menggunakan firmware diikuti dengan merek dan model router Anda.

Proses yang tepat untuk firmware bervariasi dari router ke router. Biasanya, Anda membuka pengaturan perangkat di komputer Anda dan mencari opsi yang memungkinkan Anda menginstal pembaruan dari file yang diunduh (seringkali arsip zip) di hard drive Anda. Paket yang diunduh biasanya menyertakan petunjuk penginstalan, tetapi jika Anda masih tidak yakin bagaimana melakukannya, bacalah petunjuk penggunaan router atau cari petunjuknya secara online.

Kedua, ganti saluran. Router Anda harus memiliki pengaturan yang memungkinkan Anda memodifikasi saluran, kemungkinan terdaftar di bawah judul seperti Wireless atau Advanced. Jika Anda tidak dapat segera menemukannya, cari petunjuk secara daring atau di manual router.

Sebagian besar router menggunakan saluran enam secara default. Ubah ini menjadi satu atau 11 (untuk meminimalkan gangguan pada saluran enam) dan Anda mungkin melihat peningkatan kinerja WiFi. Semua perangkat Anda yang terhubung juga perlu terhubung ke saluran baru ini, tetapi sebagian besar perangkat Anda akan melakukannya secara otomatis, tanpa perlu menyesuaikan nama atau kata sandi WiFi. Anda mungkin harus mencoba-coba sedikit sebelum Anda tiba di saluran terbaik, tetapi tetap berpegang pada satu, enam, atau sebelas untuk peluang terbaik untuk mendapat kecepatan tercepat.

Dalam trik terkait, beberapa router yang lebih canggih menawarkan dua pita frekuensi: pita 2.4GHz standar dan pita 5GHz yang lebih cepat. Pita ini mengikuti prinsip yang sama seperti saluran yang disebutkan di atas, tetapi ketika Anda mengganti pita, Anda menggeser frekuensi lebih jauh. Itu berarti perangkat berkemampuan WiFi yang Anda sambungkan ke band yang berbeda tidak akan saling mengganggu.

Jika router Anda mendukung dual band (periksa dokumentasi model Anda untuk detailnya), Anda biasanya akan melihat dua jaringan WiFi berbeda yang dapat Anda sambungkan. Bagi perangkat Anda di kedua jaringan, tergantung pada kecepatan dan jangkauan setiap kebutuhan perangkat keras dari WiFi Anda. Misalnya, pita 5GHz biasanya menawarkan kecepatan yang lebih cepat tetapi jangkauannya lebih pendek, sehingga perangkat yang lebih dekat ke router Anda harus menggunakannya, sedangkan perangkat seperti telepon atau yang terletak lebih jauh dari router bisa menggunakan 2.4GHz.

Tidak setiap router dapat menangani kedua band, tetapi sebagian besar yang diproduksi dalam beberapa tahun terakhir mendukung standar ini. Di kedua band, jika Anda mendapatkan kecepatan WiFi yang kurang optimal dan melihat roda penyangga lebih sering dari yang Anda inginkan, Anda masih dapat mengubah saluran nirkabel yang digunakan dalam rentang 5GHz atau 2.4GHz. Lihat halaman bantuan router Anda untuk informasi lebih lanjut tentang opsi Anda.

Ketiga, kontrol bandwidth. Penggunaan internet dapat dengan cepat menghabiskan bandwidth yang tersedia, terutama pada koneksi yang lambat atau yang digunakan bersama di antara banyak orang. Jadi, jika Anda berjuang mendapatkan kecepatan yang layak, coba selidiki apalagi yang terjadi di jaringan Anda. Misalnya, menjalankan Netflix bersama Hulu saat Anda melakukan beberapa panggilan video mungkin bukan cara terbaik untuk memaksimalkan kecepatan streaming Anda.

Anda dapat mengunjungi situs seperti Speedtest.net untuk mengidentifikasi kecepatan yang didapatkan saat ini. Tetapi mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kecepatan itu berarti Anda harus berpatroli dengan penggunaan khusus jaringan WiFi rumah Anda.

Solusi termudah untuk kecepatan maksimum adalah mematikan perangkat yang sedang tidak digunakan. Pada saat yang sama, pastikan tidak ada pemakai yang tidak diinginkan atau tetangga invasif yang mengintai di jaringan rumah Anda.

Router Anda seharusnya dilengkapi dengan perlindungan kata sandi WiFi yang sudah diaktifkan. Mengubah kata sandi ini secara teratur-belum lagi merahasiakannya-akan membantu menjaga jaringan Anda untuk diri sendiri dan tamu undangan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement