Senin 04 Oct 2021 04:54 WIB

Gandeng PPKUKM DKI, Rhino Indonesia Dorong Kemajuan UMKM

Pelatihan ini akan berlangsung hingga akhir tahun 2021.

Plt Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Andri Yansyah (tengah) mencoba menjajal alat sablo dalam pelatihan UMKM di Jakarta.
Foto: Dok. Din
Plt Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Andri Yansyah (tengah) mencoba menjajal alat sablo dalam pelatihan UMKM di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rhino lndonesia resmi berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta untuk mendorong kemajuan UMKM. Vice President Rhino lndonesia Timotius Aditya menjelaskan, kolaborasi ini memiliki visi  menciptakan keterampilan kewirausahawan, menambah wawasan, dan peluang usaha dalam dunia industri kreatif khususnya di bidang sablon digital. 

“Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif sablon digital terdepan di Indonesia sudah menjadi misi Rhino Indonesia dalam membangun serta mengedukasi masyarakat dalam menciptakan peluang usaha baru dibidang industri kreatif digital printing," kata dia di Jakarta, Ahad (3/10).

Untuk memenuhi misi tersebut, kata dia, sejak awal pihaknya mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia, agar mampu mendorong semangat berwirausaha dengan menghasilkan produk kreatif yang bernilai jual. 

"Salah satunya berkolaborasi dengan Dinas PPKUKM DKI Jakarta untuk melakukan pelatihan kepada pelaku UKM dibawah naungan PPKUKM DKI Jakarta," kata Timotius.

Dalam kegiatan ini, para peserta diberi pelatihan keterampilan tentang bisnis sablon digital dan gambaran seputar modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini. Timotius menyatakan, pelatihan di awali dengan pengenalan dasar seputar dunia sablon digital. "Dilanjutkan sesi demo penggunaan mesin dan bahan baku produksi serta sesi tanya jawab," ujar Timotius.

Timotius menyatakan, kerja sama dengan PPKUKM DKI Jakarta bertujuan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia dan kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia yang sedang tumbuh dan berkembang di masa pandemi Covid 19.

Baca juga : Jokowi Belanja di Pasar Sota, Pedagang: Gembira Sekali

"Saya berharap peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk tekun dalam berlatih. Sedangkan kami akan melakukan pelatihan  digital ini secara berkala. Ibaratnya kami ini memberikan pancing kepada mereka bukan ikan-nya, kalau ikan dalam waktu singkat akan cepat habis. Dengan begitu mereka akan terus berkembang dan berinovasi," katanya.

Selama ini, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk bisa membangkitkan minat masyarakat, agar turut serta berkontribusi menciptakan UKM yang mandiri dan bertahan disituasi saat ini. Salah satunya dengan terus menyediakan pelatihan yang berkesinambungan.

"Pelatihan ini akan berlangsung hingga akhir tahun 2021, dan diselenggarakan diseluruh wilayah DKI Jakarta. Untuk yang pertama dilakukan di wilayah Jakarta Pusat tepatnya di Tempat Kumpul Kreatif (TKK) Johar Baru," kata Plt Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Andri Yansyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement