Senin 04 Oct 2021 06:18 WIB

Supply Chain Indonesia Ungkap Tantangan Usai Merger Pelindo

Pelindo harus meningkatkan standardisasi pelayanannya.

Aktivitas bongkar muat Palm Kernel Ekspeller (PKE) dan Palm Kernel Shell (PKS) curah kering di Dermaga C Pelabuhan PT. Pelindo I Dumai, Riau, Ahad (5/9). Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mengungkapkan empat catatan yang menjadi menjadi tantangan usai merger yang dilakukan PT Pelabuhan Indonesia.
Foto: ANTARA/Aswaddy Hamid/rwa.
Aktivitas bongkar muat Palm Kernel Ekspeller (PKE) dan Palm Kernel Shell (PKS) curah kering di Dermaga C Pelabuhan PT. Pelindo I Dumai, Riau, Ahad (5/9). Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mengungkapkan empat catatan yang menjadi menjadi tantangan usai merger yang dilakukan PT Pelabuhan Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mengungkapkan empat catatan yang menjadi menjadi tantangan usai merger yang dilakukan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), dan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero). Merger diharapkan dapat mengurangi kesenjangan kontribusi daerah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

"Pertama, peningkatan dan standardisasi pelayanan di semua pelabuhan Pelindo yang didukung standardisasi proses, SDM, dan teknologi (fasilitas) dengan sistem informasi yang terintegrasi, baik antarpelabuhan maupun antara pelabuhan dan pengguna," kata Setijadi dalam keterangannya, Senin (4/10).

Tabtangan kedua adalah penataan hub and spoke kepelabuhanan Indonesia, dengan tantangan utama mengurangi pelabuhan pintu ekspor-impor. Pembatasan menjadi hanya 2-5 international hub port akan meningkatkan volume barang secara signifkan di beberapa pelabuhan hub ini yang berpotensi menarik direct call untuk mother vessel.

Ia menyatakan hal itu bisa menjadi strategi penting meningkatkan daya saing pelabuhan Indonesia secara global, termasuk mengalihkan pengiriman yang selama ini melalui Singapura. Upaya itu harus dibarengi dengan penataan jaringan pelabuhan pengumpan (spoke) bukan hal mudah, namun perlu menjadi prioritas dalam jangka panjang.

Ketiga, pengembangan sistem transportasi multimoda. Pelindo dapat berperan mendorong integrasi pengiriman barang secara end-to-end dengan melibatkan perusahaan pelayaran dan operator transportasi jalan dan rel untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.

Analisis Pelni dan INSA menunjukkan biaya kepelabuhanan sekitar 31 persen dan biaya transportasi laut sekitar 19 persen, sementara biaya transportasi hinterland mencapai sekitar 50 persen.

Keempat, kontribusi terhadap pengurangan kesenjangan perekonomian antarwilayah. Pada 2020, misalnya, distribusi Produk Domestik Bruto masih didominasi wilayah Jawa (58,75 persen) dan Sumatera (21,36 persen).

Setijadi menambahkan, SCI mengapresiasi keberhasilan Menteri BUMN Erick Thohir melakukan merger BUMN layanan jasa pelabuhan itu. Ia berharap Pelindo akan berperan melalui pelabuhan-pelabuhannya di empat wilayah yang berkontribusi terhadap PDB masih rendah, yaitu Kalimantan (7,94 persen), Sulawesi (6,66 persen), Bali-Nusa Tenggara (2,94 persen), dan Papua (2,35 persen).

"Menurut UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN, selain mengejar keuntungan, salah satu maksud dan tujuan pendirian BUMN lainnya adalah memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional pada umumnya," katanya pula.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement