Selasa 05 Oct 2021 13:00 WIB

Meksiko Denda Produsen Tampon dan Popok

Meksiko mendenda perusahaan tampon dan popok karena praktik price-fixing

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Meksiko mendenda perusahaan tampon dan popok karena praktik price-fixing. (ilustrasi)
Foto: www.travelrm.com
Meksiko mendenda perusahaan tampon dan popok karena praktik price-fixing. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Komisi regulator Meksiko mendenda tiga pabrik tampon dan popok sebesar 15 juta dolar AS. Ketiga produsen itu dituduh berkonspirasi untuk menetapkan harga untuk produk-produk mereka.

Pada Senin (4/10) kemarin Komisi Persaingan Usaha Meksiko mengatakan pengaturan harga atau price fixing tersebut mungkin merugikan konsumen sebesar 73 juta dolar AS. Price-fixing adalah praktik produsen menetapkan harga secara artifisial. Tiga perusahaan tersebut tidak merespons permintaan komentar seputar denda tersebut.

Baca Juga

Komisi persaingan usaha Meksiko mendakwa perusahaan-perusahaan tersebut sepakat tidak bersaing dalam harga popok dari 2008 hingga 2014 dan tampon dari 2011 hingga 2014. Komisi mengatakan price-fixing ini mengerikan.

Persekongkolan itu berdampak pada produk-produk kesehatan dan kebersihan yang menjadi andalan banyak keluarga. Perusahaan yang didenda yakni Essity México, Kimberly Clark de México, dan Productos Internacionales Mabe.

Komisi persaingan usaha Meksiko mengatakan Productos Internacionales Mabe tidak melakukan price-fixing pada produk tampon. Namun mereka melakukan price-fixing pada popok.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement