Tafsir Surat Al Maidah 11, Ini Penjelasannya

Selasa , 05 Oct 2021, 13:31 WIB Reporter :Fuji Eka Permana/ Redaktur : Agung Sasongko
Alquran
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Seorang laki-laki dari suku Muharib yang diutus oleh kaumnya untuk membunuh Nabi Muhammad SAW. Kisah ini banyak diriwayatkan menjadi sebab turunnya ayat 11 surat al Maidah. 

 

Terkait

Riwayat yang terkuat adalah yang dikuatkan oleh Al-Hakim dari hadis Jabir. Yaitu seorang laki-laki dari suku Muharib bernama Gauras bin Haris datang dan berdiri di hadapan Rasulullah SAW.

Baca Juga

Di hadapan Rasulullah SAW, Gauras bin Haris menghunus pedang dan berkata, "Siapakah yang dapat membelamu?" Rasulullah SAW menjawab, "Allah."

Maka terjatuhlah pedang itu dari tangan Gauras bin Haris, lalu pedangnya diambil oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW berkata, "Siapakah yang dapat membelamu?" Laki-laki itu menjawab, "Jadilah engkau sebaik-baik orang yang bertindak."

Rasulullah SAW bertanya, "Maukah engkau mengakui bahwa tiada tuhan selain Allah dan sesungguhnya aku adalah Rasul-Nya?" Laki-laki itu menjawab, "Saya berjanji bahwa saya tidak akan memerangimu dan tidak akan turut dengan kaum yang akan memerangimu."

Selanjutnya, Rasulullah SAW membebaskannya. Setelah Gauras bin Haris kembali kepada kaumnya ia berkata kepada mereka, "Saya baru saja datang menjumpai seorang manusia yang paling baik yaitu Rasulullah SAW."